Kirab Sepeda Ontel Jakarta-Bali Akan Tempuh Jarak 1.200 Km

Mereka akan menghabiskan waktu selama 20 hari melalui lebih dari 20 kota di sepanjang Pulau Jawa dan Bali.

oleh Rinaldo diperbarui 26 Mar 2018, 07:24 WIB
Diterbitkan 26 Mar 2018, 07:24 WIB

Fokus, Jakarta - Ratusan pesepeda ontel berkumpul di halaman Museum Polri, Jakarta. Mereka akan melepas 10 pesepeda ontel yang akan bersepeda dari Jakarta sampai Bali.

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Senin (26/3/2018), para pesepeda tangguh ini akan menempuh lebih dari 1200 kilometer. Mereka akan menghabiskan waktu selama 20 hari melalui lebih dari 20 kota di sepanjang Pulau Jawa dan Bali. Dalam rombongan ini, ada satu peserta wanita.

"Persiapannya biasa saja, kita sering gowes setiap hari. Jadi, tidak ada yang spesial persiapannya," kata pesepeda ontel Dwi Puspa.

Kirab sepeda ontel ini bertujuan melestarikan sepeda tua di tengah kemajuan zaman. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna sepedah ontel terbanyak di dunia.

"Cuma sayang, khazanah sepeda kuno di Indonesia ini banyak kurang sejak zaman Belanda karena besi-besinya banyak yang dijual," kata Ketua Dewan Penasihat Kosti Letjen Purn Soeyono.

Aksi sepeda ontel ini dilakukan menjelang Kongres Asosiasi Sepeda Tua Sedunia atau International Veteran Cycle Association 2018 di Bali.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya