Gugur di Mako Brimob, Iptu Yudi Rospuji Pernah Bekerja di KPK

Lima anggota Polri gugur dalam kerusuhan narapidana di Rutan Mako Brimob.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 09 Mei 2018, 21:16 WIB
Diterbitkan 09 Mei 2018, 21:16 WIB
5 Jenazah Korban Kerusuhan Mako Brimob Dibawa Keluarga
Iring-iringin ambulans yang membawa korban meninggal dalam rusuh Mako Brimob meninggalkan RS Polri, Jakarta, Rabu (9/5). Lima personel kepolisian gugur dalam kerusuhan yang terjadi di Mako Brimob Kelapa Dua. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengucapkan turut berdukacita atas gugurnya lima anggota polisi akibat kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua, Depok. Salah satu polisi yang gugur, Iptu Yudi Rospuji Siswanto, pernah bertugas di KPK selama satu tahun.

"KPK turut berduka atas gugurnya almarhum Iptu Yudi Rospuji Siswanto, Komandan Sat Sabhara Polda Metro BKO KPK (beberapa waktu lalu pindah tugas). Almarhum adalah anggota Polri yang ditugaskan di KPK untuk pengamanan," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (9/5/2018).

Febri menuturkan, Yudi pernah membantu Biro Umum KPK, khususnya di bagian pengamanan. Tim pengamanan KPK pun telah melayat Yudi di RS Polri, siang tadi.

"Almarhum sudah sekitar satu tahun ini membantu Biro Umum KPK khususnya Bagian Pengamanan dalam mengamanankan kegiatan-kegiatan KPK," ucapnya.

"Semoga amal ibadah beliau diterima di sisi Allah SWT. Dan keluarga yang ditinggalkan dapat tabah menghadapi hal ini," imbuh Febri.

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigjen M Iqbal mengungkap identitas lima anggota Polri yang gugur dalam kerusuhan narapidana di Rutan Mako Brimob itu. Mereka adalah:

1. Iptu Luar Biasa Anumerta Yudi Rospuji Siswanto

2. Aipda Luar Biasa Anumerta Deni Setiadi

3. Brigpol Luar Biasa Anumerta Fandi Setyo Nugroho

4. Briptu Luar Biasa Anumerta Syukron Fadli

5. Briptu Luar Biasa Anumerta Wahyu Catur Pamungkas.

"Empat di antaranya anggota Densus 88 AntiTeror, dan satu yakni Aipda Luar Biasa Anumerta Deni Setiadi merupakan anggota Polda Metro Jaya," ujar Iqbal di Mako Brimob, Rabu (9/5/2018).

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1 Polisi Masih Disandera

5 Jenazah Korban Kerusuhan Mako Brimob Dibawa Keluarga
Peti jenazah Bripda Wahyu Catur Pamungkas saat dimasukkan dalam ambulans di RS Polri, Jakarta, Rabu (9/5). Lima jenazah polisi yang gugur dalam rusuh Mako Brimob diambil keluarga untuk disemayamkan. (Merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Selain lima anggota Polri gugur di lokasi kejadian, satu petugas lainnya masih disandera para narapidana terorisme. "Yang disandera adalah Brigadir Kepala Iwan Sarjana," kata Iqbal.

Pihaknya berharap sandera dalam keadaan baik-baik saja. Begitu juga kondisi narapidana lainnya yang berada di rumah tahanan Mako Brimob.

Saat ini, polisi masih berupaya menyelesaikan dengan cara-cara persuasif dan bernegosiasi bersama beberapa tahanan teroris yang bisa dinegosiasi.

"Golnya adalah bisa merumuskan satu solusi. Dan upaya ini di tengah situasi kondusif karena strategi pengamanan. Dari semua penjuru kami yakinkan blok tahanan tersebut sudah kami amankan," ucap Iqbal.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya