Abraham Samad: Saya Mohon Novel Baswedan Jangan Dimutasikan

Novel Baswedan kembali bekerja pada hari ini, Jumat (27/7/2018) setelah 16 bulan absen, karena harus menjalani perawatan mata yang terkena siraman air keras oleh orang tak dikenal.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 27 Jul 2018, 13:07 WIB
Diterbitkan 27 Jul 2018, 13:07 WIB
Salam Komando Novel Baswedan dan Pimpinan KPK di Hari Pertama Ngantor
Penyidik senior KPK Novel Baswedan (dua kiri) berbincang dengan mantan Ketua KPK Abraham Samad (dua kanan) saat Ketua KPK Agus Rahardjo (kanan) berbicara dalam penyambutan dirinya di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (27/7). (Merdeka.com/Dwi Narwoko)

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad meminta agar penyidik senior Novel Baswedan tidak dimutasikan ke tempat lain. Novel kembali bekerja pada hari ini, Jumat (27/7/2018) setelah 16 bulan absen, karena harus menjalani perawatan mata yang terkena siraman air keras oleh orang tak dikenal.

"Atas nama alumni saya mohon kepada pimpinan yang ada sekarang agar supaya Novel jangan dimutasikan ke tempat lain, Novel harus tetap sebagai penyidik karena kalau Novel dimutasikan kita kalah oleh para koruptor dan itu yang diinginkan," ujar Abraham Samad di Gedung KPK Kuningan Jakarta Selatan, Jumat.

Dia juga mendesak pemerintah untuk segera membentuk Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF). Menurut dia, TGPF diperlukan untuk mengungkap pelaku penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan.

"Mari terus satukan kekuatan mendorong pemerintah untuk membentuk TGPF," ucap dia.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo menegaskan, Novel akan kembali bertugas sebagai penyidik tanpa ada mutasi. Dia pun berharap kembalinya Novel Baswedan di lembaga antirasuah dapat membawa semangat baru bagi pegawai lainnya.

"Selamat datang Dek Novel kembali bertugas di KPK. Anda adalah warga kami, insan KPK tetap bertugas di tempat semula tanpa mutasi," kata Agus.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tanya Jokowi

Tak hanya itu, Agus berjanji menanyakan kasus Novel saat bertemu Presiden Jokowi. Agus juga akan mengupayakan agar Novel mendapat fasilitas pengobatan yang terbaik.

"Pengobatan kita usahakan mendapat fasilitas terbaik. Insyaallah kalau pun tidak 100 persen sembuh, tapi bisa mendapat pengobatan yang terbaik. Mari bergandengan tangan untuk lawan korupsi," jelas Agus.

Novel Baswedan diserang dengan air keras pada Selasa, 11 April 2017. Peristiwa terjadi usai Novel menunaikan salat Subuh berjemaah di Masjid Al Ihsan Kelapa Gading, Jakarta Utara, yang letaknya tidak jauh dari rumahnya.

Polisi masih terus mengusut kasus penyerangan terhadap Novel tersebut. Hingga kini, belum ditemukan siapa pelakunya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya