Pesan Sukses Sutopo: Jangan Besar Karena Jabatan, Tapi Besarkan Jabatan Itu

Sosok pria yang terkenal dengan sederet prestasi itu pun sempat berulang kali berpesan soal kesuksesan.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 07 Jul 2019, 14:32 WIB
Diterbitkan 07 Jul 2019, 14:32 WIB
Perjuangan Sutopo (Sumber: Instagram/@sutopopurwo)
Perjuangan Sutopo (Sumber: Instagram/@sutopopurwo)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengembuskan nafas terakhirnya di Guangzhou, China, Minggu (7/7/2019) dini hari tadi. Sosok pria yang terkenal dengan sederet prestasi itu pun sempat berulang kali berpesan soal kesuksesan.

Salah satunya saat dirinya menerima penghargaan Liputan6 Awards 2019 kategori khusus Pengabdian Masyarakat. Sutopo berpesan agar kita terus semangat dalam bertugas dengan mencintai pekerjaan tersebut, apapun jenisnya.

"Jangan jadi besar karena jabatan. Tapi dimana kamu ditempatkan, besarkan jabatan itu," tutur Sutopo di acara Liputan6 Awards 2019, SCTV Tower, Jakarta Selatan, Sabtu 25 Mei 2019.

Bagi ayah dua anak itu, tugas akan lebih mudah dijalani jika kita mencintai pekerjaan tersebut. Hal itu mencakup di semua lini, termasuk bisnis dan akademis.

"Kalau bekerja dengan hati dan passion maka akan lebih mudah bekerja dengan sukses.  Akan banyak prestasi yang bisa kita raih," kata Sutopo.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Banjir Prestasi

Atas semua dedikasinya, sejumlah penghargaan pun diraih sosok pria kelahiran Boyolali, 7 Oktober 1969 itu. 

Di antaranya The First Responders 2018, penghargaan bergengsi dari harian terkemuka Singapura, Strait Times.

"Ketika malapetaka menyerang, naluri alami manusia adalah melarikan diri. Namun, ada jenis manusia yang, daripada meninggalkan tempat kejadian, berputar untuk menghadapi bahaya dan bertarung mempertaruhkan nyawa, mereka melindungi keselamatan orang lain. Keempatnya adalah contoh terbaik tentang kemanusiaan," ditulis dalam pengumuman penghargaan tersebut, yang dikutip dari The Straits Times, Rabu, 28 November 2018.

Kemudian Sutopo Purwo Nugroho menerima Penghargaan Liputan6 Awards 2019 pada 25 Mei 2019 dalam kategori khusus Pengabdian Masyarakat. Meski mengidap kanker paru stadium 4, sosoknya tak menyerah melawan berbagai berita yang simpang siur dan informasi bohong alias hoaks terkait bencana.

Dia juga dinobatkan sebagai Tokoh Komunikasi Kemanusiaan dan 'Communicator of The Year 2018'. Penghargaan ini diberikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) pada 16 Oktober 2018.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya