Gaya Jokowi Pakai Baju Adat Sasak Saat Sidang Tahunan MPR 2019

Saat membacakan Pidato Kenegaraan 2019 ini, Presiden Jokowi memilih mengenakan pakaian adat Sasak.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 16 Agu 2019, 18:09 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2019, 18:09 WIB
Jokowi Berbaju Sasak
Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri Sidang Tahunan MPR 2019. Seperti tahun-tahun sebelumnya, Jokowi tiga kali membacakan pidato kenegaraannya.

Pidato pertama disampaikan Jokowi saat Sidang Tahunan MPR, kemudian Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 pada Sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI.

Terakhir, mantan Wali Kota Solo itu akan membacakan pidato tentang Rancangan Undang-Undang APBN Tahun Anggaran 2020 disertai nota keuangan dan dokumen pendukungnya.

Ada yang berbeda pada penampilan Jokowi di sidang tahunan MPR tahun ini. Biasanya, saat menghadiri Sidang Tahunan MPR/DPR/DPD, Jokowi hanya mengenakan setelan jas.

Kali ini, Jokowi memilih mengenakan pakaian adat Sasak untuk membacakan Pidato Kenegaraan. Saat Pidato Kenegaraan 2017 lalu, Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla mengenakan baju adat Bugis.

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak NTB sementara Wapres JK memakai baju khas Betawi. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Jokowi nampak memasuki Gedung MPR/DPR/DPD sudah lengkap mengenakan pakaian adat Sasak asal daerah Nusa Tenggara Barat (NTB).

Presiden Joko Widodo membungkukan badan ke arah pimpinan DPD-DPR sebelum menyampaikan Pidato Kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Di Sidang Bersama DPR-DPD ini, Jokowi mengenakan pakaian adat Sasak, NTB. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Sebelum menaiki podium untuk membacakan Pidato Kenegaraan, Presiden Jokowi memberikan penghormatan kepada pimpinan MPR/DPR/DPD RI.

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menghadiri Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Bersama seluruh tamu undangan, Jokowi menyanyikan lagu Indonesia Raya. Pakaian adat Sasak yang dikenakan Jokowi berwarna keemasan lengkap dengan tutup kepala dan keris.

Presiden Joko Widodo dengan baju adat suku Sasak NTB menyampaikan pidato kenegaraan dalam Sidang Bersama DPD-DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). Setelah sidang tahunan MPR 2019 berakhir, agenda berlanjut ke sidang bersama DPD-DPR. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Presiden Jokowi membacakan Pidato Kenegaraan 2019. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun nampak gagah.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya