Dibandrol Rp 95 Juta, Jokowi Yakin Mobil Esemka Laku Keras

Presiden Jokowi meyakini mobil Esemka akan laku keras di pasaran. Pasalnya, mobil karya anak bangsa ini dibandrol dengan harga yang sangat cukup terjangkau yaitu, Rp 95 juta off the road.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 06 Sep 2019, 17:31 WIB
Diterbitkan 06 Sep 2019, 17:31 WIB
Presiden Jokowi Jajal Mobil Esemka
Presiden Joko Widodo atau Jokowi Disopiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjajal mobil Esemka. (Biro Pers Setpres)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meyakini mobil Esemka akan laku keras di pasaran. Pasalnya, mobil karya anak bangsa ini dibandrol dengan harga yang sangat cukup terjangkau yaitu Rp 95 juta (off the road).

"Saya melihat harga kompetitif, saya tanya harganya Rp 95 juta off the road. Feeling saya laku keras," kata Jokowi di Pabrik Esemka Boyolali Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).

Jokowi yang disopiri Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto juga sempat menjajal mobil pickup Esemka Bima 1.200 cc putih saat peresmian pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka). Bukan hanya desainnya yang baik, mantan Wali Kota Solo itu mengatakan mobil Esemka juga berkualitas.

"Kualitas menurut saya cukup baik. Tapi kalau ada kurang dikit ya ini produksi pertama. Tapi sudah bagus untuk produksi pertama, baik secara desain," tuturnya.

Jokowi mengatakan, pemerintah mendukung penuh PT Solo Manufaktur Kreasi memproduksi mobil Esemka. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut pemerintah tak akan memberikan suntikan dana untuk produksi mobil Esemka. Hal ini dilakukan lantaran Jokowi ingin perusahaan swasta berkompetisi.

"Enggak ada, ini adalah akan lebih baik kalau perusahaan swasta, ya mandiri. Berani berkompetisi. Akan bisa survive kalau punya produksi baik. Tapi memang punya keunggulan ini brand dan principal Indonesia," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Kilas Balik Esemka

Seperti diketahui, Esemka merupakan gagasan pemilik bengkel Kiat Motor Sukiyat. Berawal dari membantu siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), keinginannya menghadirkan mobil karya anak bangsa penuh drama dan lika-liku.

Pernah melembungkan nama Jokowi ketika masih menjabat sebagai Walikota Surakarta pada 2012, nama Esemka kembali redup. Kini, Presiden Jokowi telah meresmikan pabrik Esemka.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya