Dinas Perhutanan DKI: Lahan Pemakaman di Jakarta Masih Luas

Dia menegaskan, makam tumpang tindih itu adalah kemauan sendiri dari pihak keluarga.

oleh Ratu Annisaa Suryasumirat diperbarui 17 Okt 2019, 20:06 WIB
Diterbitkan 17 Okt 2019, 20:06 WIB
Pengadaan Lahan Makam di Jakarta
Suasana area pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Utan Jati, Jakarta, Kamis (11/1). Pemprov DKI melalui Dinas Kehutanan telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp 400 miliar untuk pengadaan lahan makam TPU pada tahun ini. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Terkait isu pelayanan makam tumpang tindih lebih dari satu jenazah, Kepala Dinas Kehutanan DKI Jakarta Suzi Marsitawati menyatakan bahwa persediaan lahan pemakaman DKI sebenarnya masih luas.

Namun, memang ada beberapa Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang jadi favorit atau ‘idola’ masyarakat, sehingga lahan lainnya jadi tak dilirik.

"Yang ditumpang itu makam keluarga, sebenarnya lahan makam kita itu banyak di Tegal Alur di Taman Kusir, masih, lahan baru itu masih banyak. Tapi kenapa keluarga itu suka ditumpang, karena seperti rumah, banyak yang mau dijadikan idaman, idola," kata Suzi di Balai Kota Jakarta, Kamis (17/10/2019).

Dia menegaskan, makam tumpang tindih itu adalah kemauan sendiri dari pihak keluarga. Artinya, hal ini bukan berarti lahan pemakaman di Ibu Kota tidak mencukupi.

"Kalau yang tadi saya garis bawahi kenapa makam tumpang tindih itu adalah kemauan dari keluarga," ujarnya.

Karenanya, Suzi akan memastikan pihaknya melakukan perbaikan pada sejumlah makam di Jakarta. Dengan begitu, masyarakat mau beralih ke TPU lainnya karena tak kalah bagus dengan TPU favorit.

Perbaikan atau revitalisasi sejumlah pemakaman itu direncanakan selesai pada tahun 2022. Perbaikan pun akan dilakukan secara bertahap.

"Jadi ada 17 makam di Jakarta yang nanti (diperbaiki). Tanah Kusir, sudah ada data yang kita sudah ada desainnya itu seperti taman. Tidak menyeramkan," ungkapnya.

 

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Sediakan Fasilitas Makam

Pengadaan Lahan Makam di Jakarta
Suasana area pemakaman di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Utan Jati, Jakarta, Kamis (11/1). Menghadapi kekurangan lahan, Pemprov DKI telah mengalokasikan anggaran Rp400 miliar untuk pengadaan lahan makan TPU pada tahun 2018. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Suzi menambahkan, pihaknya juga akan menyediakan sejumlah fasilitas yang dibutuhkan masyarakat untuk melakukan pemakaman. Yakni mulai dari tenda, kursi, hingga sound system. Semuanya akan disediakan secara gratis.

"Makam yang suka mahal nah itu biasanya keluarga suka salah ketemu orang, tidak ketemu orang pelayanan, ketemu orang di luar kantor pelayanan, jadi ketemunya calo," ucapnya.

Menurutnya, Dinas Perhutanan sekarang sudah memasang sejumlah spanduk untuk mengarahkan warga Jakarta agar melakukan pemakaman melalui jalur pelayanan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI.

"Di situ orang langsung bayar, langsung dapat izin dan lainnya," dia mengakhiri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya