PDIP: Putra Jokowi Gibran Rakabuming Siap Hadapi Pilwalkot Solo

Kendati demikian, sebagai anggota PDIP Gibran perlu mengikuti aturan main dan mekanisme pencalonan internal partai.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Okt 2019, 17:42 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2019, 17:42 WIB
Gibran Rakabuming
Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka memberikan keterangan seusai bertemu Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri di Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Kedatangan Gibran menyampaikan ihwal niat maju dalam pencalonan Wali Kota Solo melalui jalur partai. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta Ambisi politik Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming menjadi cawalkot Solo mendapat sinyal positif dari DPP PDI Perjuangan (PDIP). Ketua DPP PDIP, Andreas Hugo Pareira yakin anak sulung Jokowi itu berpotensi memimpin Solo.

"Gibran adalah anak muda terpelajar. Gibran juga seorang pengusaha muda yang mandiri dalam melebarkan sayap bisnisnya. Gibran putera asli Solo yang tentu memahami Solo dengan berbagai problematikanya," kata Andreas lewat pesan kepada merdeka.com, Senin (28/10).

Andreas tidak bisa mengelak. Gibran sebagai putra orang nomor satu di republik Indonesia punya modal sosial yang nampaknya tak perlu diragukan untuk ikut berkompetisi dalam Pilwalkot kota Solo.

"Oleh karena itu bila ditanya apakah Gibran siap untuk terjun dalam pilwalkot Solo, saya yakin Gibran sangat siap," ucapnya.

Kendati demikian, sebagai anggota PDIP Gibran perlu mengikuti aturan main dan mekanisme pencalonan internal partai.

"Sehingga modal sosial yang dimiliki ini tidak berbenturan dengam modal politik yang ingin diperoleh melalui PDIP, apabila Gibran ingin diusung oleh PDI Perjuangan," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Makin Mantap

Gibran Sarungan
Putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka memakai sarung ketika menjadi pembicara talkshow di Pondok Pesantren Al Muayad Solo, Sabtu (26/10).(Liputan6.com/Fajar Abrori)

Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka, terlihat makin mantap maju sebagai bakal calon Wali Kota Solo. Gibran bahkan menemui Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri pada Kamis, (24/10/2019).

Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani menilai, kesempatan Gibran menjadi calon Wali Kota Solo masih terbuka. Kendati DPC PDIP Solo menutup pintu karena sudah menyodorkan nama Achmad Purnomo-Teguh Prakosa sebagai bakal calon.

Puan menyebut jalur pencalonan untuk pilkada bisa mendaftar lewat DPP dan DPD. PDIP membuka pintu lebar untuk siapa saja yang berminat.

"Jadi, memang selama belum ada keputusan, kita membuka lebar pintu pendaftaran bagi siapa aja yang berminat untuk maju pilkada atau menjadi calon yang akan ikut pilkada melalui jenjang kepartaian tersebut," jelas Puan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (28/10/2019).

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya