Pesan Khusus Wapres Ma'ruf Amin ke Kapolri Idham Azis

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Idham Azis sebagai Kapolri, Jumat (1/11/2019), di Istana Negara Jakarta.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Nov 2019, 20:21 WIB
Diterbitkan 01 Nov 2019, 20:21 WIB
Wakil Presiden Ma'ruf Amin
Wakil Presiden Ma'ruf Amin di acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91, di Jakarta Concert Hall, Senin (28/10) malam.

Liputan6.com, Jakarta - Idham Azis resmi jadi Kapolri setelah dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11/2019). Wakil Presiden Ma'ruf Amin pun memberikan pesan untuk Idham agar tetap menjaga keamanan dan mencegah radikalisme.

"Saya kira penanggulangan keamanan ya, pencegahan radikalisme, penegakan hukum yang sifatnya itu penegakan hukum dan pencegahan terjadinya kemungkinan seperti terorisme, seperti tugas polri lah yang sekarang," kata Ma'ruf Amin di kantornya, Jalan Merdeka Utara, Jumat (1/11/2019).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo melantik Idham Azis sebagai Kapolri, Jumat (1/11/2019), di Istana Negara Jakarta. Idham Azis menggantikan posisi Tito Karnavian yang telah diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Indonesia Maju.

Idham Azis dilantik berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 97/Polri/Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kapolri. Sebelum dilantik, Idham Azis mengucapkan sumpah jabatan di hadapan Jokowi.

Idham juga mendapatkan kenaikan pangkat menjadi bintang empat lewat Keppres 98/Polri/2019 tentang Kenaikan Dalam Golongan Perwira Polri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Pesan dari Jokowi

Jenderal Pol Idham Azis juga mendapat pesan khusus dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi, usai dilantik sebagai Kapolri. Idham diminta Jokowi untuk langsung bekerja.

"Bapak Presiden memberikan menyampaikan kepada saya kerja, kerja dan kerja," kata Idham kepada wartawan di Istana Negara Jakarta, Jumat (1/11/2019).

Mantan Kabareskrim Polri itu menyampaikan terima kasih kepada Jokowi yang telah memberi kepercayaan untuk memimpin Korps Bhayangkara. Idham Azis menggantikan Jenderal (Purn) Tito Karnavian yang ditunjuk Jokowi sebagai Menteri Dalam Negeri.

"Saya juga ucapkan terimakasih kepada bapak Presiden Jokowi yang telah mempercayakan kepada saya untuk menjalankan tugas ini selaku Kapolri," ujar dia.

Idham mengatakan akan berkomitmen meningkatkan kerja sama dengan TNI untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Sementara untuk program kerja, dia mengaku telah menyampaikannya saat uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR.

"Saya akan meningkatkan dan melanjutkan pemantapan kerja sama bersama dengan TNI untuk bersama-sama menjaga keamanan ketertiban masyarakat di seluruh indonesia ini," jelas Idham Azis.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya