Potret Dahsyatnya Banjir Jakarta, Jabar, dan Banten

Bukan hanya mobil taksi berjenis sedan yang terendam banjir, ada pula mobil pribadi dan sepeda motor.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 04 Jan 2020, 06:30 WIB
Diterbitkan 04 Jan 2020, 06:30 WIB
Perempatan Green Garden Masih Tergenang Banjir
Pengendara dan pejalan kaki melewati perempatan Green Garden, Kedoya, Jakarta, Jumat (3/1/2020). Hingga hari ke-3, banjir masih menggenangi sekitar kawasan perempatan Green Garden, Kedoya akibatnya pengendara harus lebih waspada menghindari mesin kemasukan air. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Banjir di Jakarta, Banten, dan Jawa Barat perlahan surut. Banjir di sejumlah wilayah ini diakibatkan tingginya curah hujan sejak malam tahun baru 31 Desember 2019.

Saat banjir menerjang, kerugian cukup dirasakan. Misalnya saja belasan hingga puluhan mobil taksi di lokasi pool Blue Bird Kramat Jati, belakang Pasar Hek, Jalan Pondok Gede, Jakarta Timur, terendam banjir.

Puluhan mobil taksi Blue Bird itu terendam banjir pada Rabu, 1 Januari 2020. Bukan hanya mobil taksi berjenis sedan itu yang terendam, ada pula mobil pribadi dan sepeda motor.

Tak hanya itu, banjir di permukiman-permukiman warga juga membuat mobil yang terparkir di garasi terendam. Bahkan tak sedikit mobil yang terseret arus banjir.

Berikut potret dahsyatnya banjir Jakarta, Banten, dan Jawa Barat dihimpun Liputan6.com:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Banjir melumpuhkan Mal Cipinang Indah, Jakarta Timur.

Banjir Jakarta Lumpuhkan Mall Cipinang Indah
Kondisi Mall Cipinang Indah yang terendam air saat banjir melanda, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Selain merendam permukiman warga, banjir kali ini juga melumpuhkan Mal Cipinang Indah yang terpaksa ditutup akibat terendam air. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Separator Busway di Daan Mogot, Jakarta Barat berantakan.

Separator Busway di Daan Mogot Berantakan Diterjang Banjir
Kendaraan melintas dekat separator busway yang berserakan pascabanjir di Jalan Daan Mogot, Cengkareng, Jakarta, Jumat (3/1/2020). Separator busway tersebut berantakan akibat banjir yang menerjang sejak kemarin. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

TPU Tanah Kusir ikut terendam banjir.

TPU Tanah Kusir Terendam Banjir
Banjir merendam sejumlah makam di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, Jumat (3/1/2020). TPU Tanah Kusir terendam banjir setelah Kali Pesanggrahan meluap akibat intensitas hujan yang tinggi pada Rabu lalu. (merdeka.com/Imam Buhori)

Pool taksi Blue Bird tak luput dari terjangan air.

Penampakan Banjir di Pool Taksi Blue Bird Kramat Jati
Kondisi taksi saat terendam banjir di Pool Blue Bird, Kramat Jati, Jakarta Timur, Rabu (1/1/2020). Banjir yang terjadi akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya menyebabkan puluhan taksi dan belasan mobil terendam sejak pukul 04.00 WIB. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Tak hanya pool taksi Blue Bird, pool taksi Ekspress juga terendam air banjir.

Banjir Jakarta, Pool Taksi Ekspress Terendam
Kondisi dan suasana Pool Taksi Express di kawasan Tanah Kusir yang terendam banjir, Jakarta, Rabu (1/1/2020). Banjir akibat hujan deras yang mengguyur Jakarta dan sekitarnya sejak Selasa sore (31/12/2019) menyebabkan ratusan armada taksi terendam. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Jalan RA Kartini Bekasi, Jawa Barat lumpuh karena banjir.

Banjir Lumpuhkan Jalan RA Kartini Bekasi
Kondisi banjir yang merendam Jalan RA Kartini, Bekasi, Jawa Barat, Kamis (2/1/2020). Banjir yang merendam Jalan RA Kartini sejak kemarin melumpuhkan akses kendaraan dan perekonomian warga setempat. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Banjir di permukiman warga di Ciputat, Tangerang, Banten merendam mobil.

Foto Banjir di Ciputat
Kawasan Pondok Payung Mas Residence Cipayung, Ciputat, Tangerang Selatan terendam banjir. Air masuk ke dalam rumah warga. (Foto: Liputan6/ Fachrur Rozie)

Beberapa gerbang tol juga tak luput dari banjir, bahkan arah Bandara Soekarno Hatta sempat ditutup dan dialihkan.

Gerbang Tol Karang Tengah Barat 2 Masih Tergenang Banjir
Sejumlah kendaraan melintasi Gerbang Tol Karang Tengah Barat 2 yang masih terendam banjir, Tangerang, Banten, Kamis (2/1/2020). Banjir setinggi betis orang dewasa masih menggenangi Gerbang Tol Karang Tengah Barat 2. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Penampakan kendaraan usai terbawa arus saat banjir.

mobil terseret arus banjir
foto: Merdeka.com/Iqbal Nugroho
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya