Pemprov DKI: Pembangunan Kampung Susun Akuarium Selesai Desember 2021

40 persen kawasan Kampung Susun Akuarium, Jakarta Utara akan dimanfaatkan sebagai lahan terbuka hijau.

oleh Ika Defianti diperbarui 21 Agu 2020, 19:34 WIB
Diterbitkan 21 Agu 2020, 19:31 WIB
Aktivitas Warga Kampung Akuarium Jelang Pembangunan
Seorang anak membuang sampah di Kampung Akuarium di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (21/8/2020). Pembangunan kampung susun Akuarium nantinya dibangun di tanah seluar 10.300 meter persegi dengan total 241 unit hunian. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta menyatakan, pembangunan Kampung Susun Akuarium, Jakarta Utara akan selesai pada Desember 2021.

Pelaksana tugas (Plt) Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman, Sarjoko menyatakan, untuk pengerjaan tahap awal akan dilakukan reposisi shelter sementara.

"Bulan ini kami akan melakukan reposisi shelter, diikuti persiapan lahan pada bulan September. Sehingga pada bulan Oktober, proses konstruksi bisa dimulai," kata Sarjoko dalam keterangan tertulis, Jumat (21/8/2020).

Dia menjelaskan, rencananya Kampung Susun Akuarium dibangun 5 blok yang masing-masing setinggi 4 lantai. Untuk pembiayaannya atas kewajiban pengembang yakni PT Almaron Perkasa.

"Hal itu sesuai Pergub 112 tahun 2019 tentang Tata Cara Pemenuhan Kewajiban Pembiayaan dan Pembangunan Rumah Susun Murah/Sederhana melalui Konversi oleh Para Pemegang Izin Pemanfaatan Ruang," ucap Sarjoko.

Sarjoko menambahkan, bila perhitungan anggaran dari pihak pengembang Kampung Susun Akuarium belum mencukupi, akan dicarikan alternatif lainnya.

"Akan dicarikan sumber pembiayaan dari kewajiban pengembang lainnya, berkoordinasi dengan Biro Pembangunan dan Lingkungan Hidup," ujar Sarjoko.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


40 persen untuk lahan terbuka hijau

Aktivitas Warga Kampung Akuarium Jelang Pembangunan
Warga melihat peta pembangunan Kampung Akuarium di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara, Jumat (21/8/2020). Pembangunan kampung susun Akuarium nantinya dibangun di tanah seluar 10.300 meter persegi dengan total 241 unit hunian. (merdeka.com/Imam Buhori)

Sementara itu, kata Sarjoko 40 persen kawasan Kampung Akuarium, Jakarta Utara akan dimanfaatkan sebagai lahan terbuka hijau.

Sedangkan 60 persen dari kawasan tersebut rencananya dibangun untuk hunian warga sebanyak 240 unit hunian tipe 36.

"40 persen lahan terbuka hijau itu akan dimanfaatkan sebagai fasilitas publik, lapangan olahraga," kata Sarjoko saat dihubungi, Rabu (19/8/2020).

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya