Sekda DKI dan Wali Kota Jakarta Barat Positif Covid-19

Di lingkup Pemprov DKI, Saefullah dan Uus bukan orang pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 13 Sep 2020, 07:07 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2020, 07:07 WIB
Sekda Pemrov DKI Saefullah (Liputan6.com/M Radityo)
Sekda Pemrov DKI Saefullah (Liputan6.com/M Radityo)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan Sekretaris Daerah DKI, Saefullah dan Wali Kota Jakarta Barat, Uus Kuswanto terinfeksi Covid-19. Keduanya positif tanpa ada gejala klinis.

Anies berharap, kondisi keduanya segera pulih. Ia pun enggan berkomentar lebih lanjut mengenai potensi sumber penularan yang menyebabkan Saefullah dan Uus terkonfirmasi positif covid-19.

"Kita berharap mudah-mudahan cepat pulih, itu saja. Tapi mereka tanpa gejala," kata Anies di Balai Kota, Sabtu (12/9/2020) malam.

Di lingkup Pemprov DKI, Saefullah dan Uus bukan orang pertama yang terkonfirmasi positif Covid-19. Sebelumnya, Saefullah mengatakan sejumlah pejabat positif Covid-19 dan melakukan isolasi mandiri.

"Karena mereka tidak ada gejala apa pun, sehingga mereka tetap bertugas meskipun tanpa interaksi langsung di kantor," kata Saefullah dalam keterangan pers, Kamis (28/8/2020).

Sementara itu, kata Saefullah, untuk pejabat eselon II lainnya telah menjalani tes swab dan dinyatakan negatif Covid-19. Selain itu para pejabat tersebut juga dalam keadaan sehat.

"Sehingga, mereka dapat menjalankan tugasnya seperti sedia kala. Tentunya, dengan menerapkan protokol kesehatan saat beraktivitas," ucapnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


7 Pejabat Pemprov DKI Positif Covid-19

Sejumlah pejabat yang dinyatakan positif COVID-19 tersebut, yaitu:

- Asisten Pemerintah Setda Provinsi DKI Jakarta, Reswan W. Soewaryo

- Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi DKI Jakarta, Premi Lesari

- Kepala Biro Pendidikan Mental dan Spiritual Provinsi DKI Jakarta, Hendra Hidayat

- Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta, Suzy Marsitawati

- Direktur Utama PD Pasar Jaya, Arief Nasruddin

- Kepala Biro Penataan Kota dan Lingkungan Hidup, Afan Adriansyah Idris

- Ketua TGUPP, Amin Subekti

Sebelumnya, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi meminta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dapat terbuka terkait penyebaran virus corona atau Covid-19 di lingkungan Pemprov DKI.

"Saya minta sama Pak Gubernur (Anies Baswedan) enggak perlu malu. Harus sama-sama kita terbuka supaya enggak menyebar ke yang lain," kata Prasetio saat dihubungi, Rabu (26/8/2020).

Dia menyebut terdapat enam pejabat di lingkungan Pemprov DKI Jakarta terpapar virus corona atau Covid-19 dan sudah melakukan isolasi mandiri.

"Ada kepala dinas kehutanan, asisten pemerintah, biro tata pemerintah, biro pendidikan mental dan spiritual, antaranya itu lah," ucapnya.

Reporter: Yunita Amalia

Sumber: Merdeka.com

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya