Sasar Wisatawan, Operasi Tertib Masker di Pulau Kelapa Digencarkan

Muslim mengatakan, sasaran utama operasi tertib masker adalah wisatawan yang baru datang di dermaga serta warga yang beraktivitas di luar rumah.

oleh Rinaldo diperbarui 07 Feb 2021, 06:29 WIB
Diterbitkan 07 Feb 2021, 06:29 WIB
FOTO: Razia Masker Terus Digalakkan
Warga yang terjaring razia masker didata petugas Satpol PP di kawasan Tanjung Duren, Jakarta, Kamis (19/11/2020). Satpol PP terus menindak warga yang melanggar protokol kesehatan selama PSBB transisi dengan sanksi kerja sosial di sarana umum atau membayar denda. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kepulauan Seribu menggelar pengawasan ketat protokol kesehatan (prokes) melalui operasi tertib masker di Dermaga Utama Pulau Kelapa dan lingkungan permukiman warga.

Kepala Seksi Pemerintahan Kelurahan Pulau Kelapa, Muslim mengatakan, sasaran utama operasi tertib masker adalah wisatawan yang baru datang di dermaga serta warga yang beraktivitas di luar rumah.

"Pengawasan dilakukan di check point dermaga. Sekaligus juga kami terus melakukan edukasi dan sosialisasi pentingnya mematuhi prokes kepada wisatawan dan warga melalui pengeras suara," ujarnya, Sabtu (6/2/2021).

Menurutnya, dalam operasi tertib masker tersebut dikerahkan 13 petugas gabungan dari aparatur kelurahan, anggota Satpol PP kelurahan dan kecamatan serta anggota Polsek Kepulauan Seribu Utara.

"Semua sudah tertib, kami tidak menemukan adanya pelanggaran baik oleh wisatawan maupun warga. Namun demikian, operasi tertib masker ini tetap secara rutin dilakukan untuk mengantisipasi pelanggaran PSBB serta mencegah penyebaran Covid-19 menuju masyarakat sehat, aman dan produktif," tandasnya seperti dikutip BeritaJakarta.id.

Sebelumnya, Satgas Covid-19 Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kepulauan Seribu, juga terus menggencarkan operasi tertib masker sebagai salah satu upaya mencegah penularan Covid-19.

Kepala Satpol PP Kelurahan Pulau Tidung, Supriadi mengatakan, dalam operasi tertib masker yang diintensifkan di area wisata Jembatan Cinta hingga lingkungan permukiman warga berhasil didapati enam pelanggar.

"Mereka disanksi sosial membersihkan fasilitas umum menyapu jalan dengan rompi khusus. Sanksi ini diberlakukan untuk memberikan efek jera," ujarnya, Rabu (3/2/2021).

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Warga dan Wisatawan

Menurutnya, pelanggar tersebut merupakan warga dan wisatawan yang beraktivitas di luar rumah dan kawasan wisata tanpa menggunakan masker.

"Dalam operasi tertib masker bersama organisasi perangkat daerah, instansi terkait dan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat ini sekaligus juga dilakukan sosialisasi dan edukasi pentingnya mematuhi protokol kesehatan," tandasnya.

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya