Perhatikan Hal Ini Sebelum Mendaftar SNMPTN 2021

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mulai resmi membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada pukul 15.00, Senin (15/2/2021).

oleh Yopi Makdori diperbarui 15 Feb 2021, 10:33 WIB
Diterbitkan 15 Feb 2021, 10:33 WIB
Bingung Kenapa Hasil SNMPTN Dipercepat? Ini Dia Alasannya
Ilustrasi SNMPTN 2016. (via: istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) akan mulai resmi membuka pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 pada pukul 15.00, Senin (15/2/2021). Tak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN 2021. Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih mengatakan ada sejumlah ketentuan yang perlu diperhatikan sebelum calon peserta mendaftar.

Semisal calon peserta harus memiliki akun LTMPT yang telah difinalisasi.

"Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN adalah siswa yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di PDSS (Pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa)," sebut Nasih dalam keterangan tulis, Minggu (14/2/2021).

Data dari PDSS sendiri nantinya akan digunakan oleh LTMPT untuk menyeleksi siswa yang dianggap layak lulus masuk ke perguruan tinggi negeri yang dipilih lewat jalur SNMPTN.

Pendaftaran SNMPTN 2021 bakal dilangsungkan selama 10 hari, yakni hingga tanggal 24 Februari mendatang. Pendaftaran bisa dilakukan melalui laman https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui https://snmptn.ltmpt.ac.id.

Untuk tata cara pendaftarannya adalah sebagai berikut:

1. Siswa melakukan login di Portal LTMPT atau laman pendaftaran menggunakan 

akun LTMPT (alamat email dan password) yang telah teregistrasi.

2. Siswa mengisikan “Kelengkapan Data Orang Tua” pada halaman PROFIL.

3. Siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan pilihan prodi yang  dipilih pada halaman PILIHAN.

4. Siswa mengisikan portofolio pada halaman PORTOFOLIO, jika prodi yang dipilih mensyaratkan adanya dokumen portofolio. Jika prodi yang dipilih tidak mensyaratkan adanya dokumen portofolio, maka tidak perlu diisikan. 

Ikuti cerita dalam foto ini https://story.merdeka.com/2303605/volume-5

5. Siswa mengisikan prestasi pada halaman PRESTASI. Isian prestasi pada halaman 

ini bersifat tidak wajib. Silakan isikan prestasi yang sesuai dengan bidang dan tingkat prestasi yang disyaratkan pada masing-masing pilihan di kolomnya. 

6. Siswa melakukan finalisasi pada halaman FINALISASI, jika semua isian data sudah diyakini kebenarannya. Setelah melakukan finalisasi, isian data tidak dapat dibatalkan dan tidak bisa diubah dengan alasan apapun. 

7. Siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Dimumumkan Maret

Pengumuman SNMPTN 2021 rencananya akan dilakukan pada Maret mendatang.

"Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumuman-snmptn. ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian," sebut Nasih.

Bagi calon peserta yang menemukan kendala teknis saat tengah melakukan pendaftaran bisa menghubungi call center SNMPTN 2021 yang telah disiapkan oleh LTMPT. Call center beroperasi selama 10 jam, dari jam 08.00 hingga 18.00 WIB.

"Siswa yang mengalami kendala teknis dalam pendaftaran SNMPTN dapat menghubungi layanan Call Center 0804 1 450 450 atau https://halo.ltmpt.ac.id," ujar Nasih.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya