Kejari Jaktim Jemput Paksa Terpidana Kasus Mafia Tanah di Cakung

Terpidana mafia tanah, Paryoto juga disebut dalam kondisi sehat saat dijemput Kejari Jaktim di kediamannya dan sudah menjalani tes usap antigen.

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Mei 2021, 15:26 WIB
Diterbitkan 29 Mei 2021, 15:26 WIB
Bersama Kementerian ATR/BPN, Polda Metro Jaya Ungkap Sindikat Mafia Tanah
Petugas mengecek barang bukti sertifikat saat rilis kasus sindikat mafia tanah di Jakarta, Rabu (12/2/2020). Subdit II Harda Ditreskrimum Polda Metro Jaya bersama Kementerian ATR/BPN mengungkap sindikat mafia tanah menggunakan sertifikat palsu dan KTP elektronik ilegal. (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta Kejaksaan Negeri Jakarta Timur (Kejari Jaktim) menjemput paksa terpidana kasus mafia tanah di Cakung, Paryoto yang sebelumnya sempat dibantarkan karena sakit di kediamannya.

"Kami sudah eksekusi, kami jemput di kediamannya sekitar jam setengah 16.30 sore. Terus diproses administrasi di Lapas sekitar jam 17.00 sore," kata Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Jaktim, Ahmad Fuady dalam keterangannya, Jumat, 28 Mei 2021 dilansir Antara. 

Menurut Kepala Seksi Intel Kejari Jaktim, Adi Wira Bhakti, Paryoto yang merupakan mantan juru ukur Badan Pertanahan Nasional (BPN) Jakarta Timur, dibawa oleh petugas ke Lembaga Pemasyarakatan Cipinang Jakarta Timur.

Paryoto juga disebut dalam kondisi sehat saat dijemput di kediamannya dan sudah menjalani tes usap antigen.

"Posisi terpidana sekarang sudah di Lapas Cipinang. Kondisinya sehat dan sudah antigen," ujar Bhakti.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Putusan Kasasi MA, 4 Bulan Penjara

Sebelumnya, Kepala Seksi Pidana Umum Kejari Jaktim, Ahmad Fuady mengungkapkan bahwa mantan juru ukur BPN tersebut merupakan terpidana kasus pemalsuan sertifikat tanah di Cakung. 

Usai dinyatakan bersalah oleh Majelis Hakim Mahkamah Agung, Paryoto belum bisa dilakukan eksekusi karena dikabarkan sakit stroke. Dalam putusan kasasi MA, Paryoto dihukum penjara selama empat bulan. 

"Kita cek lah. Kalau dia memang stroke, dirawat ya berarti kita tidak bisa eksekusi. Nanti lihat dulu kondisinya bagaimana. Kalau eksekusi, dibantarkan tidak ada," kata Fuady di Jakarta, Kami, 27 Mei. 

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus dugaan pemalsuan akta autentik tanah di Cakung, yaitu Benny Simon Tabalajun selaku pimpinan PT Salve Veritate dan rekannya, Achmad Djufri.

Kemudian, Paryoto juga terlibat dalam kasus ini. Kasus itu bermula dari laporan polisi yang diterima pada 2018. Laporan itu terdaftar dengan nomor laporan LP/5471/X/2018/PMJ/Ditreskrim, tanggal 10 Oktober 2018.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya