Bendera Merah Putih Diturunkan, Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka Selesai

Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara penurunan bendera dalam rangka peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Jakarta.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 17 Agu 2021, 18:14 WIB
Diterbitkan 17 Agu 2021, 18:13 WIB
Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara penurunan bendera di Istana Merdeka dalam rangka HUT ke-76 RI
Presiden Jokowi menjadi inspektur upacara penurunan bendera di Istana Merdeka dalam rangka HUT ke-76 RI. (Youtube Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Tim Paskibraka Indonesia Tumbuh berhasil menurunkan bendera sang saka merah putih dalam Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (17/8/2021) sore. Hal ini menandakan bahwa rangkaian peringatan HUT ke-76 RI di Istana telah selesai.

Adapun Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Penurunan Bendera. Dia didampingi oleh Ibu Negara Iriana, Wapres Ma'ruf Amin, dan Ibu Estu Handayani.

Pada Upacara Penurunan Bendera, Jokowi hanya memakai setelan jas lengkap berwarana biru dongker, peci, serta masker. Sementara, saat Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI, dia mengenakan pakaian adat Provinsi Lampung.

Qyara Maharani Putri dari Provinsi Jawa Barat dipercaya sebagai pembawa bendera Merah Putih dalam upacara penurunan bendera.

Tiga orang lainnya dari tim Indonesia Tumbuh yang bertugas untuk menurunkan bendera adalah M. Bimantara Widyanto sebagai Komandan Kelompok 8 yang mewakili Provinsi Sumatra Barat.

Ada pula Haafiz Habibullah sebagai pembentang bendera yang mewakili Provinsi Jawa Timur. Lalu, Zaidaan Kamal Anwar sebagai pengerek bendera yang mewakili Provinsi Jawa Tengah.

Setelah bendera berhasil diturunkan, Qyara membawa dan menyerahkan bendera sang saka merah putih kepada Presiden Joko Widodo. Nantinya, bendera pusaka akan dikembalikan ke Monumen Nasional.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Upacara Berjalan Lancar

Momen Peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) bersiap mengibarkan Bendera Merah Putih saat saat upacara peringatan HUT ke-76 RI di Istana Merdeka, Selasa (17/8/2021). (Foto:Muchlis Jr-Biro Pres Sekretariat Presiden)

Selanjutnya, Komandan Upacara Penurunan Bendera Pusaka Kolonel Inf Faisol Izuddin Karimi melapor ke Jokowi bahwa upacara telah selesai. Jokowi pun menginstruksikan agar upacara dibubarkan.

"Terima kasih semuanya berjalan lancar. Bubarkan," ucap Jokowo memberi instruksi.

Seperti diketahui, Upacara Peringatan HUT ke-76 RI di Istana digelar secara khidmat, sederhana, dan menerapkan protokol kesehatan. Pihak Istana tidak mengundang masyarakat hadir langsung karena situasi pandemi Covid-19. Pejabat negara yang hadir pun terbatas.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya