3 Kabar Terkini Ustaz Yahya Waloni yang Masih Dirawat di RS Polri

Nama Ustaz Yahya Waloni mulai mencuat kepermukaan seiring laporan yang dilayangkan oleh komunitas Masyarakat Cinta Pluralisme.

oleh Maria Flora diperbarui 31 Agu 2021, 18:55 WIB
Diterbitkan 31 Agu 2021, 18:54 WIB
Yahya Waloni
Ustaz Yahya Waloni. (SCTV)

Liputan6.com, Jakarta Ustaz Muhammad Yahya Waloni hingga kini masih dalam perawatan intensif RS Polri, Kramat Jati, Jakarta. Tersangka atas dugaan penodaan agama tersebut sebelumnya diketahui mengeluh sakit pada Jumat, 27 Agustus 2021.

Belakangan Ustaz Yahya dilaporkan mengalami pembengkakan jantung. Hal ini diungkap Kadiv Humas Polri, Irjen Raden Prabowo Argo Yuwono. 

"Sakit pembengkakan jantung," tutur Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Jumat, 27 Agustus.

Hingga hari ini, Selasa (31/8/2021), lima hari sudah Yahya Waloni dalam pengawasan tim medis RS setempat. Bahkan kondisinya dikabarkan terus membaik.

Nama Ustaz Yahya Waloni mulai mencuat kepermukaan seiring laporan yang dilayangkan oleh Komunitas Masyarakat Cinta Pluralisme. Dalam konten video ceramahnya yang beredar di YoTube, Yahya menyebut bahwa kitab Injil itu palsu.

Akibat pernyataannya tersebut, Yahya Waloni ditangkap kawasan Bogor, Jawa Barat. Dia diduga melanggar Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Pasal 28 ayat 2 juncto Pasal 45a ayat 2, dan Pasal 156 huruf a KUHP.

"Yang bersangkutan dilaporkan karena telah melakukan suatu tindak pidana yaitu berupa ujaran kebencian berdasarkan SARA dan penodaan agama tertentu melalui ceramah yang diunggah pada video di akun Youtube Tri Datu," ungkap Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono, Jumat, 27 Agustus 2021.

Lantas, seperti apa kondisi terkini dari Ustaz Yahya Woloni? Berikut kabar terbarunya dihimpun Liputan6.com:


1. Terus Membaik

Kepala Rumah Sakit (Karumkit) RS Polri Kramat Jati, Brigjen Pol Asep Hendradiana mememastikan kondisi Muhammad Yahya Waloni sudah mulai membaik setelah lima hari dirawat.

"Alhamdulillah (Yahya Waloni) sudah membaik," kata Asep saat dihubungi, Selasa (31/8/2021).

Asep menegaskan, Yahya Waloni saat ini sudah tidak lagi mengalami sesak napas. Meski begitu, Yahya Waloni masih tetap direkomendasikan untuk meminum obat sesuai dengan rekomendasi dokter.

"Sudah tidak sesak, dan tetap minum obat sesuai rekomendasi Dr SpJP dan Dr SpPD," tuturnya.


2. Selalu Didampingi Sang Istri Selama di RS

Sementara itu, Kabid Pelayanan Medik dan Perawatan RS Polri, Kombes Yayok Witarto menjelaskan, selama menjalani perawatan medis, Yahya Waloni selalu didampingi oleh sang istri.

"Istrinya yang nungguin, kalau sudah stabil secepatnya (dikembalikan)," jelas Yayok.

Diberitakan sebelumnya, Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto menyatakan bahwa Yahya Waloni mengeluhkan sakit sesak napas. 

"(Ustaz Yahya Waloni) Mengeluh sesak napas," kata Agus saat dikonfirmasi, Jumat, 27 Agustus 2021.


3. Akan Dikembalikan ke Bareskrim Polri

Meski berangsur membaik, Brigjen Asep Hendradiana menyatakan pihak rumah sakit akan terus memantau kesehatannya.

Bersamaan dengan itu, pihak rumah sakit juga berkoordinasi dengan Bareskrim Polri untuk mengembalikan Yahya ke pihak penyidik guna lanjutan pemeriksaan kasusnya.

"Masih konfirm dengan Penyidik Bareskrim Polri, mohon waktu. Dalam waktu dekat akan dikembalikan ke penyidik," jelas Asep.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya