PPP Tegaskan KIB Solid Untuk Pilpres 2024

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi mengungkapkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap solid untuk Pilpres 2024.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 16 Jul 2022, 15:02 WIB
Diterbitkan 16 Jul 2022, 15:02 WIB
Presiden Jokowi Akan Hadiri Workshop Nasional DPRD PPP
Wakil Sekjen PPP Achmad Baidowi memberi pemaparan mengenai Workshop Nasional DPRD F-PPP se-Indonesia di Jakarta, Jumat (11/5) (Liputan6.com/JohanTallo)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi mengungkapkan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) tetap solid untuk Pilpres 2024. Sehingga kata dia, pertemuan antara Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN) Eddy Soeparno dengan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto hanyalah silaturahmi biasa.

Adapun Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto gowes bareng dengan Sekjen PAN Eddy Soeparno pada Jumat 15 Juli 2022 pagi. Pertemuan dua sekjen tersebut memunculkan spekulasi ada perpecahan di tubuh Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) yang terdiri dari PAN, Golkar dan PPP itu.

“Itu bagian dari komunikasi politik biasa sesama sekjen partai itu, PPP itu melakukan hal yang sama dengan partai lain, sejauh ini KIB masih solid untuk bersama-sama Untuk pemilihan presiden 2024,” kata Baidowi kepada wartawan, Sabtu (16/7/2022).

Menurut pria yang akrab disapa Awiek itu, anggota KIB tidak membatasi untuk berkomunikasi dengan partai politik mana pun, termasuk PDIP.

“KIB tidak pernah membatasi komunikasi dengan siapa pun. Apalagi dengan PDIP sesama partai koalisi, kan namanya bertukar pikiran hal yang biasa saja,” katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Golkar: Pertemuan Elite PAN dan PDIP Tidak Menjadi Alarm

Sementara terpisah, Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily menegaskan tidak ada keretakan di KIB. Ia menyebut pertemuan dua sekjen itu hanya mewakili individu, bukan sikap Partai.

“Jangan terlalu berspekulasi terlalu jauh. KIB itu sudah menjadi kesepakatan bersama antara partai secara institusi, bukan kesepakatan antara orang per orang, tetapi sudah menjadi kesepakatan institusi,” kata Ace.

Ace menyebut agenda gowes bareng Sekjen PDIP dan Sekjen PAN tidak menandakan ada alarm bahaya di internal KIB. “Masa gara-gara gowes bareng dinilai bahaya,” ucapnya.

Wakil Ketua Komisi VIII itu memastikan hingga saat ini KIB tetap solid pada kesepakatan awal. “Insyaallah, ketiga partai koalisi di KIB ini istiqomah dan konsisten dengan kesepakatan bersama,” ungkapnya.


Bertemu Elite PAN, PDIP Tegaskan Tak Bicara Koalisi

Sementara Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menegaskan, pertemuannya dengan elite PAN tak ada pembicaraan mengenai koalisi untuk Pilpres 2024.

“Tidak ada. Kemaren kan lebih banyak membahas situasi politik nasional,” kata Hasto saat dikonfirmasi, Sabtu 16 Juli 2022.

Hasto menegaskan saat ini PDIP belum akan melakukan koalisi dengan partai politik lain, pihaknya akan mengumumkan di waktu yang tepat.

“Nantinya kerja sama politik itu akan tiba pada waktunya,” ujar Hasto.

Menurut Hasto, PDIP masih fokus pada perekonomian nasional yang terpuruk selama pandemi Covid-19, sehingga kader diminta turun menemui dan membantu warga.

“Skala prioritas saat ini adalah turun ke bawah Terlebih dengan tingginya inflasi akibat kenaikan harga pangan pokok, kenaikan energi dam berbagai bentuk ketidakpastian global,” tutur Hasto.

 

Infografis Manuver Manuver Para Parpol Cari Koalisi dan Poros Baru. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Manuver Manuver Para Parpol Cari Koalisi dan Poros Baru. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya