Bicara Rezim Otoriter, Anies: Bakal Tumbang bila Rasa Takut Hilang

Menurut Anies, demokrasi akan berjalan dengan baik bila aspirasi masyarakat dapat tersampaikan dengan baik. Sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

oleh Liputan6.com diperbarui 05 Agu 2022, 18:56 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2022, 18:56 WIB
Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat menghadiri acara yag di gelar Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Liputan6.com, Jakarta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bicara mengenai rezim otoriter yang pernah dialami Indonesia. Rezim otoriter kata Anies, bertahan dengan rasa takut. Berbeda dengan rezim demokrasi yang bertahan karena kepercayaan.

"Kita pernah hidup di era pra demokrasi. Otoriter. Banyak negara juga sudah mengalami. Dan kalau kita lihat, apa kuncinya? Rezim otoriter bertahan dengan pilar rasa takut, fear. Rezim demokrasi bertahan dengan trust," ujar Anies di acara 10 Tahun Forum Pemred di Jakarta, Jumat (5/8/2022).

Anies mengatakan, rezim otoriter itu akan hilang dengan sendirinya bersamaan rasa takut hilang.

"Bila fear itu hilang, rezim otoriter itu tumbang, dan kita menyaksikan berbagai rezim otoriter bertumbangan karena rasa takut hilang," ujarnya.

Sementara demokrasi akan berjalan dengan baik bila aspirasi masyarakat dapat tersampaikan dengan baik. Sehingga akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Deliver artinya bahwa kebijakan yang dihasilkan meningkatkan kesejahteraan dan menghasilkan keadilan. Itulah delivery dari demokrasi. Ini membutuhkan trust," ujar Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Media Perkuat Kepercayaan di Alam Demokrasi

Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan.
Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan

Media, kata Anies, memiliki peran untuk memperkuat kepercayaan di dunia demokrasi. Juga bisa menurunkan rasa takut di masyarakat.

"Nah, sekarang pertanyaannya, bagaimana media bisa memperkuat trust di dalam demokrasi? Kalau dalam menurunkan fear itu sudah terbukti. Apalagi sosial media. Sosial media itu efektif di dalam menghilangkan rasa takut, sehingga rezim-rezim itu bertumbangan," tegasnya.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi 

Sumber: Merdeka.com

Infografis Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jurus Gubernur Anies Baswedan Hadapi Banjir Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya