Pemprov DKI Jakarta Pusatkan Upacara HUT ke-77 RI di Monas

Nantinya, upacara HUT RI di Plaza Selatan Monas menjadi upacara pertama yang dihadiri langsung setelah selama dua tahun dilaksanakan daring karena pandemi COVID-19.

oleh Liputan6.com diperbarui 12 Agu 2022, 20:19 WIB
Diterbitkan 12 Agu 2022, 20:19 WIB
Aksi Delapan Pesawat Tempur TNI AU Peringati HUT ke-76 RI
Tiga helikopter TNI AU mengibarkan bendera merah putih saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di kawasan Monas, Jakarta, Selasa (17/8/2021). Sebanyak enam helikopter TNI AU mengibarkan bendera merah putih berukuran 20 x 30 meter dalam rangka HUT ke-76 RI. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memusatkan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI di Plaza Selatan, Monumen Nasional (Monas) pada Rabu (17/8).

"Untuk tingkat Balai Kota nanti upacara di Plaza Selatan Monas," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Monas Isa Sarnuri di Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Upacara HUT ke-77 RI itu rencananya diadakan pukul 08.00 WIB atau sebelum kirab Bendera Merah Putih yang menjadi rangkaian upacara HUT ke-77 RI di Istana Merdeka.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dijadwalkan memimpin upacara HUT RI bersama dengan jajaran Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida) serta para Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemprov DKI Jakarta.

Nantinya, upacara HUT RI di Plaza Selatan Monas menjadi upacara pertama yang dihadiri langsung setelah selama dua tahun dilaksanakan daring karena pandemi COVID-19.

Pihaknya melakukan kegiatan bersih-bersih di kawasan Monas termasuk untuk mendukung kirab Merah Putih yang merupakan kegiatan Pemerintah Pusat.

"Pemda DKI mendukung kegiatan rangkaian HUT RI, karena paginya ada kirab bendera dan teks proklamasi yang dikirim nanti di Monumen Nasional ke Istana," ucap Isa yang dilansir dari Antara.

Pemerintah mengeluarkan pedoman penyelenggaraan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-77 RI pada 17 Agustus 2022.

Pedoman yang diterbitkan pada Sabtu (6/8) itu wajib diterapkan, baik di tingkat pusat maupun daerah.

Untuk tingkat daerah, upacara HUT ke-77 RI mulai dilaksanakan pukul 07.00 waktu setempat.

Kantor perwakilan/lembaga mengikuti upacara yang dilaksanakan pemerintah provinsi/kabupaten/kota setempat.

Kepala Daerah/Forkopimda mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan penurunan bendera Merah Putih secara daring.

Sedangkan, di tingkat pusat Upacara HUT RI dilaksanakan di halaman Istana Merdeka, Jakarta mulai pukul 09.45 WIB.

 


Atraksi Pesawat Tempur

Atraksi pesawat tempur dari TNI AU akan memeriahkan upacara HUT RI ke-77 pada Rabu 17 Agusus 2022 mendatang. Nantinya di langit Istana Negara, Jakarta akan dihiasi berbagai macam atraksi pesawat tempur.

Selain itu, ada juga atraksi peragaan alat utama sistem persenjataan alias alutsista milik TNI dari matra lain. Termasuk juga Polri juga ikut meramaikan upacara itu.

"Flypass dari AU full. Tetapi peragaan heli lintas helikopter dari AU, darat (AD), AL, Polri ikut juga," ujar Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Heru mengungkapkan, pada besok Sabtu 13 Agustus 2022 akan digelar latihan untuk atraksi flypass. Latihan itu dilakukan agar sesuai dengan detik-detik proklamasi.

"Mulai besok sudah ada latihan menyamakan waktu detik-detik untuk flypass. Karena kita kunci di titik-titik proklamasi, jam menitnya dan per detik, maka dari itu dari besok sudah latihan," tutur Heru.

Dia menambahkan, Pasukan pengibar bendera pusaka (Paskibraka) 17-8-45 juga ikut tampil dalam upacara hari HUT ke-77 RI di Istana. Selain itu, ada pasukan Paspampres, TNI tiga Matra AD, AU, dan AL serta Polri.

"Semua pasukan penuh, jadi 17-8-45 kita mainkan. Tentunya selama latihan menggunakan masker. Nanti maskernya seragam," ungkapnya.

Selain itu, Mobil Kepresidenan akan dipamerkan di Gedung Sarinah, Thamrin, Jakarta mulai hari Senin 15 Agustus 2022. Pameran mobil itu ditampilkan jelang perayaan HUT Ke-77 RI.

"Di hari Senin itu ada pameran mobil pameran lainnya di Sarinah," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono.

Pameran mobil itu digelar dari 15 sampai 31 Agustus 2022. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir akan membuka pameran mobil tersebut.

Mobil Kepresidenan yang dipamerkan seperti Buick-8 dan Cadillac. Mobil-mobil itu akan dibawa dari museum.

Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis HUT ke-75 RI, Pandemi dan Momentum Kebangkitan Bangsa. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya