Resmikan Kampung Susun, Anies Baswedan Harap Penggusuran Bukit Duri Tak Terulang

Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung diperuntukkan bagi korban penggusuran Bukit Duri era Gubernur Ahok pada 2016 lalu.

oleh Winda Nelfira diperbarui 25 Agu 2022, 13:03 WIB
Diterbitkan 25 Agu 2022, 13:01 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh  Cakung, Jakarta Timur
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur. (Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung di Jakarta Timur. Adapun Kampung Susun ini, diperuntukkan bagi warga eks Bukit Duri korban gusuran sungai Ciliwung pada 2016 lalu.

"Jadi bila di bulan September air mata itu mengalir karena rumahnya dibongkar, maka Agustus 2022 air mata boleh menetes karena terharu punya rumah yang baru di tempat ini," kata Anies Baswedan di Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur, Kamis (25/8/2022).

Dia mengucapkan syukur atas terbangunnya Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung untuk korban penggusuran era Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Dia mengingatkan agar kejadian penggusuran serupa tak kembali terjadi di masa depan.

"Kita bersyukur dan kita berjanji, negara harus berjanji agar tidak mengulangi peristiwa yang terjadi di Bukit Duri. Ini harus menjadi komitmen kita, Pemprov DKI juga begitu tidak bisa lagi kita melakukan tindakan seperti yang kita saksikan (penggusuran)," jelas Anies.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini mengajak semua pihak mengenang penggusuran itu sebagai hikmah dalam mengambil kebijakan pembangunan yang berpihak pada rakyat. Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, kata Anies, diharapkan dapat menjadi salah satu solusi.

"Apa sulitnya ini dibahas di tahun 2016 pada saat itu. Saat itu sudah dibahas rumah begini tenang semua bukan, semua punya kesempatan. Jadi kami berharap ini bisa menjadi satu solusi ke depan," ujar Anies.

 


Kampung Susun Cakung Punya Mezanin

Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung (Eks Bukit Duri)
Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung (Eks Bukit Duri)

Anies menjelaskan, pembangunan Kampung Susun merupakan kolaborasi pemerintah dengan sejumlah pihak melalui proses yang panjang, mulai dari perencanaan, mencari dana, hingga menentukan desain dan lokasi pembangunan.

"Artinya dari mulai kita menjalani rancangan keputusan mencari dana alokasi, anggaran, semuanya berjalan panjang. Ini bukan lambat ini pelan artinya apa, seluruh prosedur diikuti dengan benar supaya tidak ada ruang di kemudian hari yang mungkin menjadi masalah," ucap Anies.

Anies menerangkan bahwa Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung berdiri di lahan seluas 4.000 meter persegi, memiliki 75 unit hunian yang terdapat di dalam 3 blok. Kampung susun itu juga dilengkapi oleh fasilitas dan sarana pendukung yang lengkap seperti aula, hingga kios UMKM.

"Hari ini ada 75 unit hunian, 4 aula, ada kios dan yang membuat unik adalah rancangannya. Ini juga salah satu perjalanan pengalaman dari pandemi barangkali. Ketika 36 meter persegi tidak dirancang sebagai satu ruang pendek, tapi ditinggikan dan diadakan mezanin," jelas dia.    

Infografis: Megaproyek Anies di Jakarta (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: Megaproyek Anies di Jakarta (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya