Kebakaran Masjid JIC, Polisi Tunggu Hasil Lab untuk Perkuat Dugaan Kelalaian Pekerja

Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara menemukan adanya indikasi kelalaian dalam kasus kebakaran pada kubah Masjid Jakarta Islamic Center.

oleh Ady Anugrahadi diperbarui 23 Okt 2022, 09:45 WIB
Diterbitkan 23 Okt 2022, 09:45 WIB
Kondisi Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center yang Ambruk karena Kebakaran
Foto udara runtuhan kubah masjid setelah terbakar di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jalan Kramat Tugu, Koja, Jakarta Utara, Kamis (20/10/2022). Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang memiliki 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton itu ambruk setelah kebakaran hebat pada 19 Oktober 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Satreskrim Polres Metro Jakarta Utara menemukan adanya indikasi kelalaian dalam kasus kebakaran pada kubah Masjid Jakarta Islamic Center (JIC).

Hal Ini diketahui usai pemeriksaan terhadap delapan orang saksi. Adapun, delapan orang diantaranya para pekerja dan pihak dari Masjid Jakarta Islamic Center (JIC).

"Ada 8 orang saksi yang sudah kita periksa dari pekerja dan dari pihak Masjid Jakarta Islamic Center," kata Kapolres Metro Jakarta Utara, Kombes Pol Wibowo saat dihubungi, Minggu (23/10/2022).

Wibowo menerangkan berdasarkan pemeriksaan saksi-saksi diduga pemicu kebakaran akibat percikan las yang mengenai material pada plafon.

"Itu murni percikan las listrik yang mengenai eternit atau plafon," ujar dia.

Wibowo menyampaikan, pihaknya belum bisa mengambil kesimpulan karena masih menunggu hasil dari Pusat Laboratorium Forensik Mabes Polri.

"Betul (unsur kelalaian nanti akan kita lihat lebih jauh) Hasil labfor keluar kemudian kita sandingkan pemeriksaan saksi berikut juga dengan alat bukti yang ditemukan di TKP. Nanti kita kombinasikan semua," ujar dia.

Wibowo menerangkan, hingga kini pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan saksi-saksi dan mengumpulkan bukti-bukti.

"Kami masih menunggu hasil lab dulu sambil menunggu pemeriksaan saksi-saksi lain. Nanti kalau sudah ada kita update," ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dugaan Penyebab Kebakaran

Kondisi Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center yang Ambruk karena Kebakaran
Reruntuhan kubah masjid setelah terbakar di Jakarta Islamic Centre (JIC), Jalan Kramat Tugu, Koja, Jakarta Utara, Kamis (20/10/2022). Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Centre yang memiliki 12 buah lampu kipas khas Betawi dengan berat 1 ton itu ambruk setelah kebakaran hebat pada 19 Oktober 2022. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan data terbaru pukul 18.55 WIB mengenai penyebab kebakaran kubah Masjid Jakarta Islamic Center (JIC), Jakarta Utara.

"Penyebab, alat bakar yang mengenai Glasbul," kata Kepala Satuan Pelaksana Data Pusdatin Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Michael Sitanggang dalam keterangan resminya, Kamis 19 Oktober 2022.

Penanganan pemadaman telah dilakukan oleh 21 Unit Damkar, 1 Unit TRC BPBD, 1 Unit PLN Posko Marunda, 1 Unit PMI, 1 Unit AGD Dinkes, 1 Unit Dishub, 1 Unit Satpol PP, Personil PSKB/Tagana Dinsos, Personil Polsek, dan Personil Koramil.

Adapun lokasi dan waktu kejadian antara lain di Jalan Kramat Jaya Raya Nomor 1, RT.06/RW.01, Tugu Utara, Koja.

Infografis Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tragedi Kebakaran Lapas Tangerang. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya