Wamen ATR Kembali Sertifikasi Rumah Ibadah Saat Kunker ke Bali

Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni mengatakan, pihaknya terus berupaya agar rumah ibadah mendapatkan sertifikasi tanah.

oleh Liputan6.com diperbarui 15 Nov 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 15 Nov 2022, 18:30 WIB
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni
Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni saat melakukan kunjungan kerja di Bali. (Foto: Dokumentasi ATR/BPN).

Liputan6.com, Jakarta Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni mengatakan, pihaknya terus berupaya agar rumah ibadah mendapatkan sertifikasi tanah.

Ini disampaikan saat menyerahkan tiga sertifikat Pura atas nama Pura Desa Adat Peguyangan di Denpasar Utara, Bali pada Selasa (15/11/2022).

"Saya mendapat laporan banyak rumah ibadah yang belum mendapatkan sertifikat. Karena itu selaras dengan arahan Pak Menteri, Kementerian ATR/BPN akan memberikan perhatian terhadap hal ini," jelas Raja.

Politikus PSI ini menyebut penyerahan sertifikat adalah bentuk perlindungan negara terhadap hak asasi manusia. Dengan perlindungan itu umat beragama akan mendapatkan kenyamanan dalam beribadah

"Dengan adanya sertifikat ini, tanah rumah ibadah mendapat jaminan kepastian hukum. Kepastian hukum ini akan menghindari dari mafia tanah yang jahat," jelas dia.

Sebelumnya pada Senin (14/11/2022), Raja juga menyerahkan tiga sertifikat tanah Pura dan satu tanah wakaf. Diantaranya adalah Pura Gede Desa Mambang, Pura Prajapati Banjar Adat Mambang Celuk Kaja, dan Pura Paibon Alit Nyuh Aya, Karangasem.

Adapun sertipikat wakaf ialah rumah yang akan dialihfungsikan untuk kepentingan umat Islam.

Dalam kesempatan yang sama, dia juga menyerahkan 42 sertifikat peralihan HGB menjadi SHM serta menyerahkan sertifikat pembangunan jalan tol Gilimanuk-Mengwi.

 


Berharap Lancar

Raja menutup sambutannya dengan memohon doa untuk kelancaran sertifikasi rumah ibadah yang sedang dikejar oleh Kementerian ATR/BPN.

"Mohon doa kepada semuanya supaya program ini dapat berjalan dengan lancar," kata dia.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya