Kaesang Beri Mahar Erina Uang Tunai Rp300 Ribu hingga Emas 64 Gram

Putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dan Erina Gudono telah sah menjadi pasangan suami istri. Akad nikah berlangsung di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 10 Des 2022, 14:03 WIB
Diterbitkan 10 Des 2022, 14:00 WIB
Kaesang memberikan mahar Erina uang tunai Rp300 ribu dan emas 64 gram
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sah menjadi pasangan suami istri. Kaesang memberikan mahar uang tunai Rp300 ribu dan emas 64 gram. (Foto: Youtube Presiden Joko Widodo)

Liputan6.com, Yogyakarta - Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep resmi menikah dengan Erina Gudono, Sabtu (10/20/2022). Pembacaan ijab kabul dilaksanakan di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu (10/12/2022).

Seperti pasangan pada umumnya, Kaesang pun memberikan sebuah mahar atau mas kawin untuk Erina. Dalam hal ini, Kaesang memberikan seperangkat alat salat serta uang tunai sebesar Rp300.000, dengan tiga pecahan Rp100.000.

Selain itu, Kaesang juga memberikan mahar berupa logam mulia sebanyak empat buah. Masing- masing emas memiliki berat yang berbeda yakni, 10 gram, 12 gram, 20 gram, dan 22 gram.

Hal ini sesuai dengan tanggal akad nikah keduanya yang digelar pada Sabtu, (10/12/2022). Adapun mahar tersebut dihias dan ditata dalam sebuah bingkai bewarna emas dengan ukuran besar.

Sebelumnya, prosesi akad nikah Kaesang dan Erina berjalan dengan lancar. Kaesang mengucapkan ijab kabul dengan lancar dan satu tarikan napas, tanpa ada pengulangan.

"Saya terima nikahnya Erina Gudono binti Muhammad Gudono dengan mas kawin tersebut dibayat tunai," jelas Kaesang.

Kaesang dan Erina pun menandatangani buku nikah. Kaesang diberi buku nikah bewarna merah, dan Erina mendapat warna hijau.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Menteri PUPR dan Mensesneg Jadi Saksi

Kaesang Pangarep
[Foto: Vidio.com]

Adapun Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bertindak sebagai saksi mewakili pihak keluarga Kaesang. Sementara itu, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno akan menjadi saksi dari pihak Erina Gudono

Usai prosesi akad nikah, di Pendopo Ambarrukmo juga berlangsung acara "panggih". Setelah itu, dilanjutkan resepsi dan sesi foto bersama dengan para tamu undangan. Acara itu akan dihadiri sebanyak 150 tamu undangan, dimana sebagian besar adalah pihak keluarga.

Setelah akad, Kaesang dan Erina akan menggelar tasyakuran atau resepsi di Pura Mangkunegaraan Solo Jawa Tengah pada, Minggu 11 Desember 2022. Total ada sekitar 6.000 tamu undangan yang akan menghadiri acara tasyakuran Kaesang-Erina.

Sejumlah menteri dan pejabat negara yang hadir dalam akad ini antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, hingga Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya