8 Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 dari Ahok hingga Jokowi

Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China dirayakan umat Tionghoa tepat pada hari ini, Minggu (22/1/2023). Perayaan ini tentunya sangat dinantikan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 22 Jan 2023, 16:38 WIB
Diterbitkan 22 Jan 2023, 15:41 WIB
Sembahyang malam imlek 2574 di Tangerang
Umat Tionghoa melakukan sembahyang malam Tahun Baru Imlek 2574 di Wihara Boen San Bio, Kota Tangerang, Banten, Sabtu (21/1/2023). Sembahyang malam pergantian tahun baru Imlek itu sebagai ungkapan syukur atas segala rezeki dan keselamatan dari Tuhan serta untuk pengharapan kehidupan lebih baik di tahun Kelinci Air mendatang. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Tahun Baru Imlek atau Tahun Baru China dirayakan umat Tionghoa tepat pada hari ini, Minggu (22/1/2023). Perayaan ini tentunya sangat dinantikan oleh masyarakat Tionghoa di Indonesia.

Imlek 2023 ini juga menjadi tahunnya Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit. Melansir thechinesezodiac.org, Tahun Baru Imlek 2023 akan menjadi Tahun Kelinci Air atau Year of the Water Rabbit dimulai pada 22 Januari sampai 9 Februari 2024, ketika memasuki Tahun Naga.

Tak mau ketinggalan, sejumlah para tokoh petinggi negeri pun turut mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek. Salah satunya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyambut gembira hadirnya perayaan Imlek di Indonesia. Sebagai keturunan warga Tionghoa di Indonesia, hadirnya perayaan Imlek secara nasional tidak lepas dari peran Presiden Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

"Kita bersyukur, sehingga Imlek tidak hanya menjadi hari yang membawa berkah untuk warga Tionghoa, tetapi Imlek juga menjadi momentum bagi bangsa ini untuk selalu mengigatkan adanya kebebasan, tidak adanya diskriminasi, dan Imlek dijadikan hari libur nasional," ujar Daniel dalam keterangan diterima, Minggu (22/1/2023).

Selain itu, Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang juga merayakan Imlek turut mengucapkan Gong Xi Fa Cai.

Ucapan tersebut diunggah Ahok melalui sebuah video pemotrertan keluarga bertema Imlek di akun sosial media Instagram miliknya @basukibtp.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2023, Gong Xi Fa Cai. Semoga di tahun Kelinci Air ini, kita selalu diberi kesehatan, makin bahagia dan sejahtera. Tuhan memberkati dan melindungi kita semua," tulis Ahok menyertai unggahannya, dikutip Liputan6.com, Minggu (22/1/2023).

Presiden Joko Widodo atau Jokowi pun juga menyampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 kepada masyarakat yang merayakannya. Dia berharap, tahun kelinci air ini membawa kebahagian dan kemajuan bagi semua.

Berikut sederet ucapan Tahun Baru Imlek 2023 dari para petinggi negeri dihimpun Liputan6.com:

 


1. Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023.
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023. (Instagram @basukibtp)

Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang juga merayakan Imlek turut mengucapkan Gong Xi Fa Cai.

Ucapan tersebut diunggah Ahok melalui sebuah video pemotrertan keluarga bertema Imlek di akun sosial media Instagram miliknya @basukibtp.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2023, Gong Xi Fa Cai. Semoga di tahun Kelinci Air ini, kita selalu diberi kesehatan, makin bahagia dan sejahtera. Tuhan memberkati dan melindungi kita semua," tulis Ahok menyertai unggahannya, dikutip Liputan6.com, Minggu (22/1/2023).

Dalam video yang diunggah, terlihat Ahok melakukan pemotretan bersama sang istri Puput Nastititi Devi, kedua anaknya, dan sang ibu.

 


2. Ketua DPP PKB Daniel Johan

Imlek di Vihara Dharma Jaya Toasebio
Warga keturunan Tionghoa membawa dupa saat melaksanakan ibadah perayaan Imlek di Wihara Dharma Jaya/Klenteng Toa Se Bio, Jalan Kemenangan III, Jakarta, Minggu (22/1/2023). Bukan hanya dari Jakarta saja, warga berbagai daerah di luar kota juga beribadah di Kelenteng yang sudah berdiri sejak dibangun kembali pada 1751 ini. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Daniel Johan menyambut gembira hadirnya perayaan Imlek di Indonesia.

Sebagai keturunan warga Tionghoa di Indonesia, hadirnya perayaan Imlek secara nasional tidak lepas dari peran Presiden Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.

"Kita bersyukur, sehingga Imlek tidak hanya menjadi hari yang membawa berkah untuk warga Tionghoa, tetapi Imlek juga menjadi momentum bagi bangsa ini untuk selalu mengigatkan adanya kebebasan, tidak adanya diskriminasi dan Imlek dijadikan hari libur nasional," ujar Daniel dalam keterangan diterima, Minggu (22/1/2023).

Dia mengingat, semasa Gus Dur menjadi presiden, tindakan pertama yang dilakukan adalah mencabut segala aturan diskriminatif yang dilakukan negara terhadap warganya. Melalui peristiwa itu, Daniel berharap, tidak adalagi insiden yang mengesampingkan kelompok minoritas untuk hidup berdampingan sesama anak bangsa.

"Jadi, kita dengan semangat itu selalu mengingatkan jangan pernah lagi ada masa-masa kelam diskriminasi negara terhadap warganya sendiri," wantinya.

Daniel mendorong, bangsa Indonesia di masa depan semakin mampu menjawab tantangan yang menjurus ke arah perpecahan. Khususnya, menjelang pesta demokrasi Pemilu 2024 agar sesama anak bangsa tetap rukun demi NKRI.

"Kita berharap, tahun 2023 ini kan sudah masuk tahun politik dengan semangat imlek yang mendahulukan kekuatan persaudaraan, apapun pilihannya nanti apalagi keputusan di dalam pilpres jangan sampai menimbulkan perpecahan," tutup dia.

 


3. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023.
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023. (Instagram @airlanggahartarto_official)

Kemudian, ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 juga disampaikan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Ucapan tersebut juga disampaikan Airlangga melalui sebuah video yang diunggah di akun sosial media Instagram miliknya @airlanggahartarto_official.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2023 untuk seluruh saudaraku yang merayakan.

Semoga tahun kelinci air membawa keberkahan dan kemakmuran untuk kita semua, masyarakat, bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai ini.

Aamiin, salam 🙏🏼," kata Airlangga di akun Instagram miliknya @airlanggahartarto_official.

Lalu, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar juga mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023.

"Selamat Tahun Baru ImlekSemoga bahagia sejahtera selalu," kata pria yang karib disapa Cak Imin itu di akun sosial media Instagram miliknya @cakiminow.

 


4. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023. (Instagram @ganjar_pranowo)

Tak ketinggalan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo juga turut mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023.

Ucapan itu disampaikan Ganjar melalui sebuah video yang diunggah melalui akun sosial media Instagram miliknya @ganjar_pranowo.

"Selamat merayakan tahun baru Imlek 2574 kongzili. Mari berbagi bahagia agar sentosa hidup seluruh makhluk di semesta.

Tetap jaga kedamaian dan persatuan, karena ada masa depan yang mesti kita perjuangkan. Gong xi fa cai," kata Ganjar melalui akun Instagram miliknya @ganjar_pranowo, Minggu (22/1/2023).

 


5. Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Keuangan Sri Mulyani

Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023.
Menteri BUMN Erick Thohir mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023. (Instagram @erickthohir)

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengunggah sebuah foto mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 melalui akun sosial media Instagram miliknya @erickthohir.

"Xin Nian Kuai Le, Gong Xi Fa Cai!

Selamat tahun baru Imlek 2023. Semoga senantiasa dikaruniai kebaikan dan kesejahteraan sepanjang tahun!," tulis Erick di akun sosial media Instagram @erickthohir, Minggu (22/1/2023).

Senada, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani juga turut mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 melalui akun sosial media Instagram miliknya @smindrawati.

"Gong Xi Fa Cai

Selamat tahun baruImlek 2574 Kongzili

Happy New Lunar Year..!

Semoga kesejahteraan dan kemakmuran melimpah untuk Indonesia.

Semoga mendapat kemajuan di tahun baru ini, semua harapanmu terpenuhi, dan semoga sehat selalu.

Jaga keberagaman, kebhinekaan dan persatuan Indonesia," papar Sri Mulyani.

 


6. Ketua DPR RI Puan Maharani

Puan Dorong Pemerintah Bentuk Satgas Kekerasan Seksual di Setiap Instansi
Ketua DPR RI Puan Maharani. (Istimewa)

Ketua DPR RI Puan Maharani mengucapkan selamat menyambut Tahun Baru Imlek Tahun 2023 kepada masyarakat Tionghoa di tanah air. Dia berharap Imlek bisa semakin membawa kedamaian dan kemakmuran.

"Selamat Tahun Baru Imlek 2023 kepada saudara-saudara kami yang merayakannya. Semoga Tahun Baru Imlek membawa kedamaian serta kemakmuran bagi kita semua. Gong Xi Fa Cai," kata Puan dalam keterangannya, (22/1/2022).

Dia menuturkan, momentum perayaan Imlek ini menjadi pembawa semangat persaudaraan dan menjaga harmoni antar umat.

"Mari menyambut Imlek dengan semangat persaudaraan. Kita jaga harmoni dengan saling membantu satu sama lain dan terus bergotong royong untuk Indonesia jaya," ungka Politikus PDIP ini.

Khusus kepada umat Khonghucu, Puan berharap perayaan Imlek 2023 dapat membawa keberkahan. Apalagi, kondisi Covid-19 sudah lebih baik pada Hari Raya Imlek tahun ini.

"Selamat merayakan Imlek dengan penuh sukacita untuk umat Khonghucu. Semoga saudara sekalian dapat merayakan hari Raya Imlek dengan aman dan lancar," ujar Puan.

Kepada Pemerintah dan aparat keamanan, mantan Menko PMK ini meminta untuk memastikan kenyamanan umat Khonghucu dalam merayakan Hari Raya Imlek.

Puan juga berpesan agar ritual perayaan Imlek diselenggarakan dengan memperhatikan protokol kesehatan.

"Semoga kita selalu diberi kesehatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan di tahun baru ini. Dan mari menjaga persatuan serta kesatuan bangsa demi Indonesia maju," pungkasnya.

 


7. Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin

Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin
Wakil Presiden (wapres) Ma’ruf Amin

Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan Hari Raya Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili, yang diperingati pada Minggu, 22 Januari 2023 menjadi momentum penguatan solidaritas bangsa Indonesia.

Dia juga mengatakan Tahun Baru Masehi 2023 dan Tahun Baru Imlek 2574 seyogyanya dirayakan dengan rasa syukur dan semangat untuk terus bangkit meskipun tantangan yang dihadapi tidak ringan, agar bangsa Indonesia dapat terus bergerak maju bersama.

"Semangat perayaan Imlek kiranya senantiasa menjadi momentum bagi segenap bangsa Indonesia untuk memperkuat solidaritas dalam mewujudkan visi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera," kata Ma'ruf Amin dalam keterangan video yang diterima di Jakarta, Sabtu 21 Januari 2023 dilansir Antara.

Ma'ruf juga mendoakan agar Tuhan senantiasa mempererat kerukunan dan persaudaraan bangsa Indonesia serta melimpahi dengan kekuatan dan pertolongan.

Dalam kesempatan itu, Ma’ruf Amin juga menyampaikan ucapan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili kepada seluruh umat Khonghucu dan warga Indonesia yang merayakan.

"Saudara-saudaraku umat Khonghucu di Tanah Air dan di mana pun berada, saya mengucapkan selamat Tahun Baru Imlek 2574 Kongzili," ujar Wapres Ma'ruf Amin.

 


8. Presiden RI Joko Widodo

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2023.
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2023. (Instagram @jokowi)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan Selamat Tahun Baru Imlek 2023 kepada masyarakat yang merayakannya. Dia berharap, tahun kelinci air ini membawa kebahagian dan kemajuan bagi semua.

"Masa berganti, tahun berlalu, dan tantangan boleh berubah, tetapi satu yang harus selalu hadir yaitu harapan bahwa esok akan lebih bahagia, sejahtera, dan semakin maju. Gong xi fa cai," tulis Jokowi dikutip dari akun Instagram resminya, Minggu (22/1/2023).

Jokowi juga mengunggah gambar animasi yang berisi suasana perayaan Imlek 2023. Isinya mengenai keluarga yang tengah berkumpul dan makan bersama dan mereka memakai topi melambangkan 12 shio. Ada pula barongsai dan kelinci.

Terlihat pula sejumlah anak yang tengah bermain lato-lato dan kucing warna oranye yang memakai kostum barongsai tengah memanjat pohon yang berisi jeruk dan angpao.

Gambar yang diunggah Jokowi tersebut dilengkapi dengan musik khas Imlek.

Infografis 5 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19 Saat Perayaan dan Libur Imlek. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 5 Tips Cegah Klaster Keluarga Covid-19 Saat Perayaan dan Libur Imlek. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya