Top 3 News: Pleidoi Ferdy Sambo Berjudul Pembelaan Sia-Sia

Terdakwa Ferdy Sambo membacakan pleidoi atau nota pembelaan atas kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

oleh Devira PrastiwiNafiysul QodarAdy AnugrahadiFachrur Rozie diperbarui 25 Jan 2023, 08:00 WIB
Diterbitkan 25 Jan 2023, 08:00 WIB
Ferdy Sambo terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J (Istimewa)
Ferdy Sambo terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait terdakwa Ferdy Sambo membacakan pleidoi atau nota pembelaan atas kasus pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J.

Ferdy Sambo menyebut pleidoinya dengan judul pembelaan yang sia-sia. Menurut dia, vonis dijatuhkan kepada dirinya dan istri sebelum ketuk palu hakim persidangan.

Sambo mengatakan, tekanan yang diterimanya bertubi-tubi. Bahkan dia menuding media melakukan pembingkaian terhadap dirinya yang sedang duduk sebagai terdakwa.

Kemudian, Selasa dini hari tadi 24 Januari 2023, gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Provinsi Jawa Barat (Jabar).

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat lindu berada di darat 7 kilometer barat laut Kabupaten Cianjur atau pada koordinat 6.82 Lintang Selatan (LS) dan 107.07 Bujur Timur (BT).

BMKG memastikan, gempa bumi yang berpusat di kedalaman 10 kilometer itu tidak berpotensi tsunami. Namun begitu, gempa dirasakan cukup kuat di sejumlah daerah sekitar Cianjur, termasuk DKI Jakarta.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto dan Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantono yang dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK.

Laporan tersebut berkaitan dengan pengusutan kasus dugaan korupsi ajang balap mobil listrik Formula E.

Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris mengatakan, tak menjelaskan detail siapa yang melaporkan Karyoto dan Endar. Namun diduga pihak yang melaporkan adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 24 Januari 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Pleidoi Ferdy Sambo: Pembelaan Sia-Sia di Tengah Cacian dan Hinaan

Ferdy Sambo Jadi Saksi Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Maruf
Terdakwa kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo usai menjadi saksi dalam menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022). Ferdy Sambo menjadi saksi untuk terdakwa Richard Eliezer, Ricky Rizal dan Kuat Ma'ruf di persidangan perkara pembunuhan berencana Brigadir J. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sidang pembunuhan dengan agenda pembacaan nota pembelaan atau digelar maraton.

Setelah terdakwa Kuat Ma'ruf dan Ricky Rizal yang membacakan pembelaannya, giliran bekas jenderal polisi Ferdy Sambo membacakan pembelaannya. Dia menyebut pleidoinya dengan pembelaan yang sia-sia.

"Nota pembelaan ini awalnya hendak saya beri judul 'Pembelaan yang Sia-Sia' karena di tengah hinaan, caci-maki, olok-olok serta tekanan luar biasa dari semua pihak terhadap saya dan keluarga dalam menjalani pemeriksaan danpersidangan perkara ini, acapkali membawa saya dalam keputusasaan dan rasafrustasi," kata Ferdy Sambo di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 24 Januari 2023.

Menurut Sambo, vonis dijatuhkan kepada dirinya dan istri sebelum ketuk palu hakim persidangan.

 

Selengkapnya...


2. Gempa M 4,3 Guncang Cianjur Dini Hari Tadi, Terasa hingga Jakarta Selatan

Ilustrasi Gempa
Ilustrasi Gempa. (Liputan6.com/Rita Ayuningtyas)

Gempa bumi mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Selasa dini hari tadi 24 Januari 2023. Gempa berkekuatan magnitudo 4,3 ini terjadi pada pukul 02:45:01 WIB.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat 7km barat laut Kabupaten Cianjur atau pada koordinat 6.82 Lintang Selatan (LS) dan 107.07 Bujur Timur (BT).

BMKG memastikan, gempa yang berpusat di kedalaman 10 km itu tidak berpotensi tsunami. Namun begitu, gempa dirasakan cukup kuat di sejumlah daerah sekitar Cianjur, termasuk DKI Jakarta.

Gempa dirasakan dalam skala III-IV MMI di wilayah Cianjur, Cikalongkulon, Cipanas, dan Sukabumi. Kemudian terasa dalam skala II MMI di wilayah Purwakarta.

 

Selengkapnya...


3. Terkait Pengusutan Kasus Formula E, Deputi Penindakan dan Dirlidik KPK Dilaporkan ke Dewas

Ilustrasi KPK. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)
Ilustrasi KPK. (Liputan6.com/Fachrur Rozie)

Deputi Penindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Karyoto dan Direktur Penyelidikan KPK Endar Priantono dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK. Laporan berkaitan dengan pengusutan kasus dugaan korupsi ajang balap mobil listrik Formula E.

"Ya benar, sedang dipelajari oleh Dewas," ujar anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris dalam keterangannya, Selasa 24 Januari 2023.

Haris tak menjelaskan detail siapa yang melaporkan Karyoto dan Endar. Namun diduga pihak yang melaporkan adalah sebuah Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM).

Pelaporan diduga lantaran Karyoto dan Endar enggan menaikkan status kasus Formula E ke tahap penyidikan. Jajaran di bidang penindakan ini tak menaikan status penyelidikan ke penyidikan lantaran belum cukup bukti.

Infografis Eksepsi Ditolak, Ferdy Sambo & Putri Candrawathi Bakal Bertemu Orang Tua Brigadir J
Infografis Eksepsi Ditolak, Ferdy Sambo & Putri Candrawathi Bakal Bertemu Orang Tua Brigadir J (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya