Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang, Moeldoko: Momentum Perkuat Solidaritas

Moeldoko menyebut perayaan Festival Cap Go Meh di Singkawang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 05 Feb 2023, 16:00 WIB
Diterbitkan 05 Feb 2023, 16:00 WIB
Moeldoko menghadiri pembukaan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (5/2/2023).
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menghadiri pembukaan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu (5/2/2023). (Foto: dokumentasi KSP)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menghadiri pembukaan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang Kalimantan Barat, Minggu (5/2/2023). Moeldoko hadir dan duduk di barisan depan bersama Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

Moeldoko menyinggung keberadaan patung ular naga di Singkawang yang pernah akan dibongkar oleh sekelompok ormas pada 2010 silam.

Moeldoko yang saat itu menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer XII Tanjungpura berada di depan untuk mencegah rencana pembongkaran patung ular naga.

"Saat itu saya katakan, kalau ada yang macam-macam membongkar patung naga, Moeldoko berdiri paling depan untuk menjaganya. Jangan sekali-kali mengusik Singkawang," kata Moeldoko dikutip dari siaran persnya, Minggu (5/2/2023).

Dia menyebut perayaan Festival Cap Go Meh di Singkawang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda. Hal ini merupakan wujud perhatian pemerintah melestarikan budaya Cap Go Meh.

"Ke depan, Festival Cap Go Meh harus menjadi pusat perhatian dunia Internasional," ujar Moeldoko.

Panglima TNI 2013-2015 ini juga meminta agar perayaan Cap Go Meh bisa menjadi momentum untuk memperkuat soliditas dan solidaritas nasional, demi mewujudkan Indonesia Emas pada 2045.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Moeldoko dan Erick Thohir Hadiri Festival Cap Go Meh 2023 di Singkawang

Menteri BUMN Erick Thohir saat temu warga nelayan di Tambak Loro, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2022)
Menteri BUMN Erick Thohir saat temu warga nelayan di Tambak Loro, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2022)

Kepala Staf Presiden Moeldoko dan Menteri BUMN Erick Thohir menghadiri acara seremoni atau pembukaan Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat, Minggu pagi (5/2/2023).

Moeldoko sudah hadir dan duduk di barisan kursi VVIP beberapa menit sebelum acara pembukaan festival, tak lama kemudian disusul Menteri BUMN Erick Thohir. Keduanya saling berjabat tangan saat bertemu dan difoto sejumlah awak media. Demikian dilansir dari Antara.

Tak berapa lama kemudian, acara seremoni Cap Go Meh dibuka oleh MC pukul 07.15 WIB, yang diawali dengan penampilan tarian persembahan yang menggambarkan kebersamaan dari Sabang sampai Merauke.

Sebelumnya, saat atraksi rirual tatung "cuci jalan" menjelang seremoni Cap Go Meh, yakni pada Sabtu 4 Februari 2023, Erick Thohir menyatakan berterima kasih telah diundang dalam acara ini.

Dia menyatakan baru pertama kali melihat langsung Festival Cap Go Meh di Singkawang. "Kalau lihat di TV sering, lihat langsung ini perdana. Terima kasih sudah diundang," kata dia.

Acara seremoni ini disaksikan ribuan masyarakat, baik yang datang karena undangan panitia maupun datang tanpa diundang karena ingin menyaksikan langsung festival besar ini.

Infografis Pasang Surut Cap Go Meh di Indonesia
Infografis Pasang Surut Cap Go Meh di Indonesia. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya