Erick Thohir Terpilih Jadi Ketum PSSI Disorot Media Internasional

Terpilihnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau Ketum PSSI turut menyita perhatian media-media di kancah internasional.

oleh Liputan6.com diperbarui 17 Feb 2023, 18:54 WIB
Diterbitkan 17 Feb 2023, 18:45 WIB
Kongres PSSI 2023
Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 Erick Thohir memberikan pidatonya saat Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick Thohir yang juga menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berjanji akan memperbaiki sepak bola di Tanah Air. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Terpilihnya Menteri Badan Usaha Milik Negara (Menteri BUMN) Erick Thohir menjadi Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia atau Ketum PSSI turut menyita perhatian media-media di kancah internasional.

Pasalnya, salah satu menteri andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini adalah sosok fenomenal di dunia sepak bola internasional.

Seperti halnya ketika Erick Thohir membeli salah satu klub sepak bola terbesar di luar negeri yakni Inter Milan FC, media-media internasional juga turut memberitakan. Ia diberitakan sebagai orang Asia pertama yang memiliki Inter Milan dan menjadi presiden klub.

Kini perhatian dunia sepak bola internasional kembali kepada Erick Thohir saat memenangkan pemilihan posisi tertinggi di PSSI.

Seperti dikutip media internasional Reuters, Erick Thohir diberitakan dalam berita yang berjudul 'Indonesia Memilih Menteri Kabinet Sebagai Ketua Sepak Bola'.

Reuters memberitakan 'Persatuan Sepak Bola Indonesia (PSSI) pada hari Kamis memilih Erick Thohir, seorang menteri kabinet senior dan mantan Presiden Inter Milan, sebagai ketua barunya, beberapa bulan setelah menderita salah satu tragedi stadion paling mematikan di dunia.'

"Sepak bola Indonesia telah dirusak oleh skandal pengaturan pertandingan dan masalah penonton dan Erick, yang telah menjadi menteri BUMN sejak 2019, akan ditugaskan untuk bekerja sama dengan badan dunia FIFA untuk meningkatkan keamanan dan memastikan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di bulan Mei berjalan lancar," demikian mengutip dari Reuters, Jumat (17/2/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bein Sports

Foto: Yunus Nusi Mundur, Zainudin Amali dan Ratu Tisha Dampingi Erick Thohir Jadi Waketum PSSI Periode 2023-2027
Ketua PSSI, Erick Thohir, bersama Wakil Ketua PSSI, Ratu Tisha Destria dan Zainudian Amali foto bersama usai Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Kamis (16/2/2023). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Selain Reuters, juga terdapat Bein Sports yang memberitakan Erick Thohir dengan judul berita 'Mantan Pemilik Inter Milan Terpilih Jadi Ketua PSSI'.

"Pria berusia 52 tahun itu adalah Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Indonesia dan salah satu tokoh paling berpengaruh di ekonomi terbesar di Asia Tenggara,” kata Bein Sports.

"Dia menjalankan kampanye pemilihan ulang Presiden Joko Widodo 2019, menjabat sebagai ketua Komite Olimpiade Indonesia dan pernah memiliki Inter Milan dan DC United. Dia mendapatkan suara mayoritas pada pertemuan asosiasi sepak bola dan akan mengadakan konferensi pers dengan perwakilan FIFA dalam beberapa hari mendatang untuk membahas pengaturan pertandingan di Indonesia," sambungnya.

 


Media Italia

Kongres PSSI 2023
Ketua Umum PSSI periode 2023-2027 Erick Thohir (kanan depan) berfoto bersama Ketua Umum PSSI periode 2019-2023 Mochamad Iriawan usai menerima bendera panji PSSI saat Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick memperoleh 64 suara mengungguli AA Lanyalla Mattalitti yang meraih 22 suara. Sedangkan dua kandidat calon lainnya tidak memperoleh satu suara pun. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Begitu juga dengan media Italia yang heboh memberitakan Erick Thohir kembali ke dunia sepak bola. Media Italia, Calciomercato adalah salah satu yang memberitakan keberhasilan Erick Thohir jadi ketua Umum PSSI periode 2023-2027.

Calciomercato menuliskan 'Eks Inter Thohir Kembali ke Sepak Bola'.

"Apakah Anda ingat mantan pelindung dan presiden Inter, Erick Thohir? Dia membeli klub Nerazzurri dari Massimo Moratti hanya untuk menjualnya ke Suning beberapa tahun kemudian. Dia telah meninggalkan dunia sepak bola, tetapi babak hidupnya akan dibuka kembali saat dia resmi terpilih sebagai presiden Federasi Sepak Bola Indonesia," kata Calciomercato.

"Pada bulan Mei, Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 dan mantan oran nomor 1 Inter akan memimpin federasi. Berdasarkan penghitungan suara, Erick Thohir akan menjadi presiden umum periode 2023-2027," demikian berita dikutip Calciomercato.

Infografis Ragam Tanggapan Erick Thohir Terpilih Ketum PSSI 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Ragam Tanggapan Erick Thohir Terpilih Ketum PSSI 2023-2027. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya