Muhadjir Effendy Gantikan Posisi Zainudin Amali, Serah Terima Jabatan Jadi Plt Menpora Besok

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan melakukan serah terima jabatan (sertijab) menjadi Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada Kamis 16 Maret 2023.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 15 Mar 2023, 17:38 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2023, 17:38 WIB
Kemenko PMK Gelar Rakor Bahas Persiapan PON XX dan Peparnas XVI Papua
(ki-ka) Menpora Zainudin Amali, Menko PMK Muhadjir Effendy, Menkominfo John G Plate, Ketum KONI Marciano Nurman saat hadir dalam rapat koordinasi tingkat menteri di Kantor Kemenkom PMK, Jakarta, Kamis (5/2/2020). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy akan melakukan serah terima jabatan (sertijab) menjadi Plt Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) pada Kamis 16 Maret 2023.

Adapun Muhadjir ditunjuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Plt Menpora, usai Zainudin Amali mengundurkan diri dari posisi Menpora. Zainudin Amali mundur karena ingin fokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI.

"Besok Insyaallah sudah ada serah terima saya dengan Pak Zainudin Amali, mungkin baru besok saya bisa memberi penjelasan ke temen-temen," kata Muhadjir di Komplek Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Dia akan bertugas menjadi Plt Menpora, setelah Jokowi melantik Menpora definitif. Muhadjir mengatakan dirinya akan meneruskan hal-hal yang sudah dilakukan Zainudin Amali, salah satunya soal Timnas sepak bola U-20.

"Prioritas kalau yang paling dekat, kalau yang dimaksud yang paling mendesak ya sepak bola untuk U-20," jelas dia.

Muhadjir menyampaikan dirinya kerap berkomunikasi Zainudin Amali terkait tugas-tugas Menpora. Sehingga, tak sulit bagi Muhadjir untuk menggantikan pekerjaan yang ditinggalkan Zainudin Amali.

"Kan Pak Zainudin Amali kan koordinasinya di bawah saya selaku Menko PMK. Sebenernya sejak dulu selalu koordinasi. Jadi enggak ada yang baru lah nanti. Selama ini selalu kita koordinasikan," jelas Muhadjir Effendy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Presiden Jokowi Menyetujui Pengunduran Diri Zainudin Amali

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo telah menyetujui pengunduran diri Menpora Zainudin Amali. Jokowi menunjuk Menko PMK Muhadjir Effendy sebagai pelaksana tugas (plt).

"Sekarang sudah diplt-kan, plt-nya Pak Menko PMK," ujar Jokowi di Bali, Senin (13/3/2023).

Jokowi telah menyetujui pengunduran diri Amali pagi ini. Ia juga telah bertemu dengan Amali membahas surat pengunduran dirinya.

"Menpora tadi pagi sudah bertemu saya, surat pengunduruan dirinya sudah disampaikan di Setneg dan saya tadi sudah menyetujui," ujar Jokowi.

Sementara untuk pengganti Amali, Jokowi masih belum mau mengungkapkan siapa penggantinya. Ia akan segera memutuskan.

"Penggantinya ditunggu saja. Nanti segera kita putuskan," ujar Jokowi.

Sementara itu, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Jokowi untuk menunjuk pengganti Amali. Ia tidak menyebut siapa kader Golkar yang diajukan kepada Jokowi.

"Ya tergantung, kita tunggu saja dari pak presiden," kata Airlangga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya