Jokowi ke Anak Muda Papua: Jangan Berpikir Semua Ingin Jadi PNS

Jokowi senang anak-anak muda Papua menjalani berbagai bidang profesi. Mulai dari, fashion, fotografi, teknologi aplikasi, peternakan, hingga perikanan.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 21 Mar 2023, 10:59 WIB
Diterbitkan 21 Mar 2023, 10:58 WIB
Foto: Buka PON Papua, Jokowi Unjuk Kebolehan Bermain Bola
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo bermain bola di acara pembukaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua tahun 2021 di Stadion Lukas Enembe, Sabtu (2/10/2021). (PB PON XX PAPUA/Robertus Pudyanto)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap agar semua anak-anak muda Papua tidak berpikir untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Jokowi mengatakan, ada berbagai profesi dan pekerjaan yang dapat dijalani anak muda, selain PNS.

Jokowi mengingatkan bahwa Indonesia akan memasuki bonus demografi pada tahun 2035, di mana sebagaian besar penduduk Indonesia berusia produktif. Dia menuturkan, 60 persen atau 2,6 juta penduduk Papua pada 2035 adalah anak-anak muda.

"Sehingga ini memerlukan wadah, memerlukan kesempatan kerja, memerlukan peluang kerja, dan jangan berpikir kita ini semua ingin jadi PNS," kata Jokowi saat meresmikan Papua Youth Creative Hub (PYCH) di Jayapura, Papua, Selasa (21/3/2023).

Dia pun senang anak-anak muda Papua menjalani berbagai bidang profesi. Mulai dari, fashion, fotografi, teknologi aplikasi, peternakan, hingga perikanan.

"Ini yang sangat bagus. Artinya, peluang-peluang itu diisi anak muda kita. Bahkan, tadi kita lihat Maria (anak muda Papua), tadi yang ternak ayam sudah memiliki 2.000 ayam lebih. 2.000 ayam lebih diternakkan oleh Maria," jelasnya.

Jokowi pun menyampaikan kekaguman dengan rampungnya pembangunan Papua Youth Creative Hub. Dia menilai creative hub ini mampu menampung berbagai macam kreativitas para anak-anak muda di Papua.

"Saya sangat kaget bahwa semuanya ada di PYCH ini. Dari mulai tadi masuk di pembuatan HP, pembuatan laptop, ada podcast, ada studio musik, ada studio untuk fotografi, dan juga memamerkan produk-produk yang ada di tanah Papua dengan kemasan dan packaging, dengan branding yang sangat bagus sekali," ujar dia.

"Ada desainer untuk pakaian-pakaian etnik Papua yang didesain, diberikan warna sehingga di situ betul-betul deferensiasinya kelihatan sekali. Saya sangat kagum atas kecepatan yang terjadi di sini (PYCH)," sambung Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


PYCH Merupakan Usulan Anak Muda saat ke Istana

Papua Youth Creative Hub (PYCH) menyediakan wadah bagi para UMKM lokal agar bisa menjual produk-produk khas daerah adat Papua untuk bisa menembus pasar nasional (Istimewa)
Papua Youth Creative Hub (PYCH) menyediakan wadah bagi para UMKM lokal agar bisa menjual produk-produk khas daerah adat Papua untuk bisa menembus pasar nasional (Istimewa)

Adapun PYCH ini merupakan usulan anak-anak muda yang diundang Jokowi ke Istana Merdeka, beberapa waktu lalu. Mereka menyampaikan ingin memiliki ruang untuk meningkatkan kualitas SDM di Papua.

Jokowi pun ingin daerah-daerah lain memiliki creative hub yang sama seperti yang ada di Papua. Dia pun meminta Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan untuk membangun creative hub di daerah-daerah lain pada tahun ini.

"Tadi saya langsung bisik-bisik ke Pak Ka BIN, ini di Indonesia yang pertama di Papua. Saya minta agar juga dibangun di NTT, di Papua Barat, kemudian di Maluku dan Aceh. Mulai tahun ini, sehingga selesainya tahun depan meniru semua yang ada di sini (Papua). Ditiru saja sudah. Ini sudah sangat bagus sekali," tutur Jokowi.

 

Infografis Jokowi Sebut 28 Negara Antre Jadi Pasien IMF. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jokowi Sebut 28 Negara Antre Jadi Pasien IMF. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya