Jelang Formula E Jakarta 2023, Jakpro Bakal Cat Ulang Sirkuit hingga Bangun Fasilitas Tambahan

Bersama FEO pihak Japro sedang dalam persiapan untuk membangun fasilitas tambahan untuk mendukung pelaksanaan Formula E Jakarta 2023.

oleh Winda Nelfira diperbarui 04 Apr 2023, 16:53 WIB
Diterbitkan 04 Apr 2023, 16:52 WIB
Suasana Sirkuit Formula E Jakarta Jelang Balapan
Suasana sirkuit jelang balapan di Jakarta International e-Prix Circuit (Jakarta E-Prix), Ancol pada Jumat (4/6/2022). (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama (Dirut) PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Iwan Takwin mengatakan, pihaknya akan mengecat ulang pagar sirkuit Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta Utara jelang gelaran Formula E Jakarta pada 3-4 Juni 2023.

"Memang perlu ada beberapa bagian yang harus di-refresh, seperti pagar karena memang sudah setahun lebih ada kondisi cat yang tidak fresh lagi akan kita cat ulang," kata Iwan dalam Rapat Komisi B bersama BUMD DKI Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Selain pagar, perbaikan juga bakal dilakukan pada area dalam sirkuit hingga merapikan taman-taman di sekitar sirkuit. Mengingat sirkuit tersebut, terakhir dipakai pada gelaran Formula E 2022.

"Dan juga ada beberapa bagian area sirkuit yang mungkin karena tidak pernah disentuh kemudian tanaman-tanaman tidak teratur kita rapihkan," ungkap dia.

Kendati demikian, Iwan menyampaikan keadaan sirkuit Ancol dalam kondisi yang baik. Hal ini, kata Iwan dikemukakan oleh jajaran Formula E Operation (FEO) selaku pelaksana global ajang balap mobil internasional itu.

"Kemudian mengenai Formula E jadi memang terkait dengan kondisi sirkuit Alhamdulillah sudah dua kali dikunjungi FEO, kondisi sirkuit menurut mereka siap tidak ada kendala," jelas dia.

Sejauh ini, lanjut Iwan, bersama FEO pihaknya sedang dalam persiapan untuk membangun fasilitas tambahan untuk mendukung pelaksanaan Formula E Jakarta 2023.

"Kemudian sama-sama dengan tim teknis FEO, persiapan pembangunan fasilitas tambahan untuk eventnya itu sedang kita persiapkan dan sudah berjalan di lapangan," ucap Iwan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Bamsoet Tak Andalkan BUMN Jadi Sponsor Utama Formula E Jakarta 2023

Foto: Penampakan Terbaru Proyek Pembangunan Sirkuit Formula E, Ada yang Sudah Mulai Diaspal
Aktivitas pekerja proyek pembangunan Sirkuit Formula E di kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, Minggu (06/03/2022). Progres sirkuit sudah mencapai 52 persen pada hari ke-32 dan ditargetkan akan selesai pada bulan April 2022. (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Ketua Steering Committee (SC) Formula E 2023 Bambang Soesatyo (Bamsoet) tak masalah apabila Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali ogah mensponsori gelaran Jakarta E-Prix seperti pada 2022 silam.

Menurut dia, masih banyak pihak lain terutama swasta yang tertarik terlibat menjadi rekan sponsor dalam ajang balap mobil listrik ini.

Hal ini disampaikan Bamsoet usai menemui Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota bersama dengan jajaran panitia Formula E dan jajaran direksi PT Jakarta Propertindo (Jakpro). Mereka membahas soal Formula E 2023.

Dalam pertemuan kali ini, Bamsoet turut memboyong Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo. Selain itu, soal business to business antara Jakpro dan Formula E juga dibahas.

"Kalau nggak ya banyak teman-teman swasta yang akan mencari peluang, UMKM, yang lain untuk ikut ambil bagian karena ini akan ditonton oleh 1,5 m dunia diliput oleh 153 televisi internasional," kata Bamsoet di Pendopo Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (14/3/2023).

Namun, Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI ini tetap mempersilakan BUMN untuk memberikan sponsor. Bamsoet menilai kehadiran sebagai sponsor juga jadi ajang promosi yang baik di ajang balap internasional itu.

"Kalau BUMN tertarik ya monggo, silakan karena ini kan ruang bisnis buat BUMN juga untuk promosi terutama bank atau Pertamina atau PLN ya, listrik mungkin PLN, karena memang kita lebih ke go green, kita terbuka, kalau BUMN mau sponsorin ya monggo kita dengan senang hati menerima sponsorship mereka," ucapnya.

Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jakarta Gelar Balapan Formula E 2022 di Ancol. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya