PKS Desak Pemprov DKI Segera Benahi Kabel Semrawut di Jakarta: Sudah Bahayakan Warga

Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Suhud Alynudin meminta Pemprov DKI Jakarta melakukan pembenahan kabel fiber optik menjuntai di Jalanan Ibu Kota.

oleh Winda Nelfira diperbarui 30 Jul 2023, 14:27 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2023, 14:27 WIB
FOTO: Penataan Kabel Semrawut di Kawasan Wahid Hasyim
Petugas Satgas Bina Marga Jakarta Pusat melakukan penataan jaringan utilitas di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta, Selasa (15/3/2022). Penataan kabel utilitas yang semrawut diharapkan meningkatkan kualitas pedesterian DKI Jakarta sehingga pejalan kaki merasa aman dan nyaman. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Anggota Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Suhud Alynudin meminta Pemprov DKI Jakarta melakukan pembenahan kabel fiber optik menjuntai di Jalanan Ibu Kota. Mengingat, keberadaan kabel-kabel yang menjuntai itu menyebabkan pemotor mengalami kecelakaan.

"Tidak hanya merusak keindahan kota, tapi sudah membahayakan bagi warga. Terbukti sudah ada yang celaka kan akibat kabel fiber yang tidak beraturan," kata Suhud kepada Liputan6.com.

Menurut Suhud, kabel semrawut perlu ditata secepatnya guna mencegah kecelakaan serupa kembali terulang. Terlebih, ujar dia Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono sudah pernah meninjau penataan kabel utilitas di sejumlah wilayah Jakarta.

"Pemprov DKI harus mempercepat penataan kabel fiber agar tidak terjadi lagi kecelakaan serupa. Ingat, Pak Pj Gubernur pernah meminta pembenahan kabel optik hingga bulan Juni 2023. Tapi, hingga sekarang masih belum beres dan bahkan terjadi kecelakaan akibat itu," ucap dia.

Sebelumnya, seorang pemotor terjatuh dan terperosol di aspal usai motornya tersangkut kabel menjuntai pada Jumat, 28 Juli 2023 pukul 23.00 WIB.

Korban yang diketahui bernama Vidam ini tengah mengendarai motornya di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat. Vidam diduga kurang konsentrasi hingga tersangkut kabel yang menjuntai ke jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Korban hingga Tak Bisa Bicara

Kabel Utilitas Atas di Jakarta Dibenahi Jelang Penyelenggaraan KTT ASEAN Ke-43
Petugas Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan penataan kabel utilitas di sekitar Jalan Haji Agus Salim, Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Serupa, permasalahan kabel menjuntai di jalanan Ibu Kota juga membuat mahasiswa bernama Sultan Rif'at Alfatih mengalami cedera.

Sultan, kini tak bisa berbicara setelah lehernya terjerat kabel fiber optik yang menjuntai ke jalan pada 5 Januari 2023. Tenggorokan Sultan mengalami patah akibat kabel tersebut.

Kala itu, Sultan dan kawan-kawannya tengah melakukan night ridding di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Imbas terjerat kabel fiber optik, Sultan telah menjalani beberapa kali operasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya