Dito Mahendra Buron Polri Sejak 4 Mei 2023 yang Ditangkap di Bali

Nama Dito Mahendra Dito Sampurno alias Dito Mahendra kembali mencuat. Pria yang pernah berseteru dengan artis Nikita Mirzani ini ditangkap di Bali.

oleh Nanda Perdana PutraRita Ayuningtyas diperbarui 08 Sep 2023, 14:39 WIB
Diterbitkan 08 Sep 2023, 14:39 WIB
Dito Mahendra saat mendatangi KPK beberapa bulan sebelum menjadi buron polisi
Dito Mahendra saat mendatangi KPK beberapa bulan sebelum menjadi buron polisi. (Dok: YouTube SCTV)

Liputan6.com, Jakarta Nama Dito Mahendra Dito Sampurno alias Dito Mahendra kembali mencuat. Pria yang pernah berseteru dengan artis Nikita Mirzani ini ditangkap di Bali.

Dito Mahendra merupakan buron kasus kepemilikan senjata ilegal yang ditangani Bareskrim Polri. Dito dinyatakan sebagai buron sejak 4 Mei 2023 berdasar surat nomor DPO/8/5/Res.1.17/2023 Tipidum.

Kasus ini bermula dari perkara suap di Mahkamah Agung (MA) dengan tersangka mantan Sekretaris MA Nurhadi yang ditangani Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dito yang sedianya diperiksa sebagai saksi tak kunjung memenuhi panggilan KPK.

KPK pun menggeledah rumah pacar Nindy Ayunda di Jakarta pada 13 Maret 2023.

Penggeledahan oleh penyidik KPK ini, salah satunya, untuk mencari bukti keterlibatan Dito dalam kasus yang menyeret Nurhadi. Namun, pada penggeledahan itu justru KPK menemukan belasan senjata api. Kasus ini kemudian diserahkan ke Polri.

Kedua kasus pun berjalan beriringan. KPK terus memanggil Dito terkait kasus suap di MA, tapi dia mangkir dengan berbagai dalih. Bersamaan dengan itu, Bareskrim Polri memanggil Dito terkait kepemilikan senjata api ilegal.

Selama buron, polisi memastikan Dito tidak bisa kabur ke luar negeri. Pasalnya, polisi telah menyita paspor Dito. 

Kini, pelarian Dito Mahendra berakhir. Dia ditangkap di Bali.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Langsung Dipimpin Dirtipidum Bareskrim

Hal itu dibenarkan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol Jansen Avitus Panjaitan. 

"Benar (ditangkap di Bali)," tutur Jansen kepada wartawan, Kamis (8/9/2023).

Namun, dia enggan merinci lebih jauh penangkapan Dito Mahendra. Dia mengerahkan ke Bareskrim Polri terkait detail informasi tersebut.

“Untuk informasi lebih lanjut perihal di atas, agar langsung ke Dirtipidum Bareskrim, beliau yang pimpin langsung,” kata Jansen.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya