Cuaca Indonesia Hari Ini Sabtu 23 September 2023, Mayoritas Langit Cerah Berawan hingga Malam

Pagi ini, cuaca berkabut dilaporkan BMKG terjadi di wilayah Jambi dan Pekanbaru, Palembang berasap, Ambon berawan tebal, Mamuju dan Tarakan hujan ringan.

oleh Maria Flora diperbarui 23 Sep 2023, 07:48 WIB
Diterbitkan 23 Sep 2023, 07:48 WIB
Gunung Gede Pangrango Terlihat dari Kawasan Kemayoran
Langit biru menghiasi kawasan Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (18/2/2021). Jika cuaca cerah, kawasan Monumen Nasional, Jakarta seringkali dihiasi langit yang membiru. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca cerah dan cerah berawan mendominasi kota-kota besar di Indonesia hari ini, Sabtu (23/9/2023). Kondisi cuaca tersebut dilaporkan bakal berlangsung hingg malam nanti. 

Meski mayoritas cerah, ada sejumlah kota di Indonesia yang diprediksi BMKG diselimuti asap, berkabut hingga diguyur hujan ringan hingga sedang.

Pagi ini, cuaca berkabut dilaporkan BMKG terjadi di wilayah Jambi dan Pekanbaru, Palembang berasap, Ambon berawan tebal, Mamuju dan Tarakan hujan ringan. 

Wilayah di Indonesia lainnya, sebagian juga diguyur hujan siang nanti, yaitu Tanjung Pinang, Jayapura, Mamuju, dan Medan. 

Beranjak malam, hujan kembali turun untuk wilayah Mamuju, Jayapura serta Medan dengan intensitas ringan. 

Berikut informasi prakiraan cuaca Indonesia hari ini, Sabtu 23 September selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

 Kota   Pagi   Siang  Malam
 Banda Aceh  Cerah Berawan  Berawan  Berawan
 Denpasar  Berawan   Cerah Berawan   Cerah Berawan
 Serang  Cerah Berawan   Cerah Berawan  Berawan
 Bengkulu  Cerah Berawan  Cerah  Cerah
 Yogyakarta   Cerah Berawan  Cerah Berawan Berawan
Jakarta Pusat Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah
Gorontalo Cerah Cerah Cerah
Jambi Kabut Cerah Berawan Cerah Berawan
Bandung Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Semarang  Cerah Cerah Cerah Berawan
Surabaya  Cerah Cerah Cerah
Pontianak Cerah Cerah Cerah
Banjarmasin Asap  Cerah Cerah
Palangkaraya  Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Samarinda Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah Berawan
Tarakan Hujan Ringan Cerah Berawan Cerah Berawan
Pangkal Pinang Cerah Berawan Cerah Cerah
 Tanjung Pinang  Berawan  Hujan Ringan  Cerah Berawan
Bandar Lampung Cerah Cerah Cerah
Ambon Berawan Tebal Berawan Berawan
Ternate Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
Mataram Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
Kupang Cerah Cerah Berawan Cerah Berawan
Kota Jayapura Berawan Hujan Ringan Hujan Ringan
Manokwari Hujan Ringan Berawan Berawan
Pekanbaru Kabut Cerah  Cerah Berawan
Mamuju Hujan Ringan Hujan Sedang Hujan Ringan
Makassar Cerah Berawan Cerah Berawan Berawan
Kendari Cerah Berawan Berawan Cerah Berawan
 Manado   Cerah  Cerah Berawan  Cerah Berawan
 Padang  Cerah  Cerah Berawan  Cerah
Palembang Cerah Berawan Cerah Berawan Cerah
 Medan   Berawan  Hujan Ringan  Hujan Ringan

BMKG Prediksi Awal Musim Hujan di Indonesia November 2023

Jawa dan Bali Masuki Puncak Musim Hujan
Warga menggunakan payung saat hujan mengguyur kawasan Monas, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2023). Warga diharapkan waspada serta mempersiapkan diri dengan perubahan cuaca yang akan terjadi selama satu pekan ke depan. (merdeka.com/Iqbal S Nugroho)

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan di Indonesia terjadi pada November 2023. 

Awal musim hujan ini sekaligus bakal mengakhiri kekeringan akibat fenomena El Nino.

"Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada November 2023," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers secara daring, dikutip Jumat 8 September 2023.

Meski begitu, Dwikorita menjelaskan awal musim hujan akan terjadi secara bertahap. Sebab, keragaman iklim di berbagai wilayah di Indonesia sangat tinggi.

"Karena tingginya keragaman iklim di Indonesia menyebabkan awal musim hujan tidak terjadi secara serentak di seluruh wilayah," ujar dia.

Saat ini, kata dia, beberapa zona musim telah terkonfirmasi sudah mengalami musim hujan yaitu di sebagian besar Aceh, sebagian besar Sumatera Utara, sebagian Riau, Sumatera Barat bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau.

Oktober mendatang, awal musim hujan diperkirakan terjadi di Jambi, Sumatera Selatan bagian utara, Jawa Tengah bagian selatan, sebagian Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah bagianbarat, dan sebagian besar Kalimantan Timur.


Musim Hujan di Jatim hingga NTT Mulai Desember 2023

FOTO: Waspada Hujan Angin di Jakarta Dampak Siklon Molave
Kondisi lalu lintas saat hujan mengguyur Jakarta, Senin (26/10/2020). BPBD DKI Jakarta mengeluarkan peringatan dini cuaca berupa potensi terjadinya hujan lebat disertai petir dan angin kencang dampak dari siklon tropis Molave hingga 27 Oktober 2020. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Kemudian, pada November 2023, awal musim hujan akan tiba di Sumatera Selatan, Lampung, sebagian besar Banten, Jakarta, Jawa Barat, sebagian besar Jawa Tengah, sebagian JawaTimur, Bali, sebagian kecil NTB, sebagian kecil NTT, Sulawesi Utara, Gorontalo, sebagian Sulawesi Tengah, sebagian besar Sulawesi Selatan, Maluku Utara bagian utara, dan Papua Selatan bagian selatan.

Sementara itu, awal musim hujan di Jawa Timur bagian utara, sebagian besar NTB, sebagian besar NTT, Maluku dan sebagian besar Sulawesi Tenggara diprediksi terjadi pada Desember 2023.

"Secara bertahap akan hampir mendominasi seluruh wilayah Indonesia musim hujan ini pada periode Maret hingga April 2024," ungkap Dwikorita.

Dwikorita menyampaikan, awal musim hujan umumnya berkaitan erat dengan peralihan angin timuran atau angin dari arah Australia atau disebut Monsun Australia yang akan menjadi angin baratan atau Monsun Asia yaitu angin yang berasal dari arah Benua Asia.

"Saat ini yang berpengaruh angin dari Benua Australia, dari gurun di Australia yang saat ini sedang musim dingin dan kering dan Insyaallah akan segera berganti dengan angin yang berasal dari Benua Asia," ucap dia.

Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Cuaca Ekstrem, Jakarta Siaga Banjir Besar? (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya