Kemendagri Meraih Penghargaan BPS Award 2023, Suhajar: Ini Sebuah Kehormatan

Kemendagri menerima penghargaan Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2023 untuk kategori Mitra Terbaik Kementerian/Lembaga (K/L) BPS.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 26 Sep 2023, 15:06 WIB
Diterbitkan 26 Sep 2023, 15:06 WIB
Kemendagri Meraih Penghargaan BPS Award 2023
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro dalam acara Apel Hari Statistik Nasional (HSN) di Halaman Kantor BPS, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) meraih penghargaan Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2023 untuk kategori Mitra Terbaik Kementerian/Lembaga (K/L) BPS.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Sekretaris Utama BPS Atqo Mardiyanto kepada Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro dalam acara Apel Hari Statistik Nasional (HSN) di Halaman Kantor BPS, Jakarta, Selasa (26/9/2023). 

Mengusung tema “Statistik Berkualitas untuk Indonesia Maju”, HSN tahun ini menjadi penanda pentingnya statistik untuk menyongsong Indonesia Emas 2045.

Dalam sambutannya, Suhajar mengapresiasi atas diberikannya penghargaan oleh BPS. Menurutnya, di era revolusi industri 4.0 data telah menjelma sebagai komoditas yang berharga. Keberadaannya diyakini Suhajar lebih bernilai daripada sumber daya alam (SDA) seperti emas dan minyak bumi.

Selain itu, Suhajar mengatakan bahwa data saat ini juga menjadi bagian tak terpisahkan di segala sektor, baik industri swasta, di pemerintahan, hingga organisasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Suhajar Diantoro
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro dalam acara Apel Hari Statistik Nasional (HSN) di Halaman Kantor BPS, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

“Oleh karena itu, mendapatkan penghargaan dari organisasi yang bertanggung jawab atas data dasar statistik sektoral di Indonesia seperti BPS ini merupakan satu kehormatan besar bagi keluarga besar Kementerian Dalam Negeri,” ungkap Suhajar.


Peran Statistik Bagi Indonesia

Peran Statistik bagi Indonesia
Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro dalam acara Apel Hari Statistik Nasional (HSN) di Halaman Kantor BPS, Jakarta, Selasa (26/9/2023).

Dalam sambutannya, Sekretaris Utama BPS Atqo Mardiyanto menjelaskan penyelenggaraan HSN 2023 merupakan upaya untuk mengingat kembali pentingnya kiprah statistik bagi perjalanan panjang bangsa Indonesia.

Menurut dia, sejarah BPS di Indonesia bermula sejak disahkannya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1960 tentang Statistik.

“HSN bukanlah momen milik BPS saja, namun merupakan hari penting dan bersejarah bagi seluruh bangsa Indonesia,” tambahnya.

Mardyanto menambahkan bahwa momentum HSN juga menjadi tumpuan segala elemen masyarakat untuk menjadi bangsa yang kuat dan memiliki peran penting di kancah internasional.

“Kita pun dapat menjadi salah satu kekuatan ekonomi dunia dan statistik menjadi bagian penting dalam langkah perjuangan ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi tambahan, kegiatan tersebut turut dihadiri jajaran pejabat di lingkungan BPS, baik pusat maupun daerah. Selain Kemendagri, penghargaan lainnya juga diberikan kepada Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Kompas TV.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya