Top 3 News: Apakah PDIP Berani Pecat Jokowi Jika Gibran Jadi Cawapres Prabowo?

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai hubungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merenggang pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Itulah top 3 news hari ini.

oleh Devira PrastiwiDelvira HutabaratFachrur RozieLiputan6.com diperbarui 18 Okt 2023, 08:30 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2023, 08:30 WIB
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai hubungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merenggang pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Itulah top 3 news hari ini.
Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai hubungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merenggang pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Itulah top 3 news hari ini. (Dok. PDIP)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting Pangi Syarwi Chaniago menilai hubungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merenggang pasca-putusan Mahkamah Konstitusi (MK). Itulah top 3 news hari ini.

Pangi menduga dalam waktu dekat PDIP akan memecat Gibran Rakabuming Raka. Dia juga menduga dalam waktu dekat Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden Prabowo Subianto akan mengumumkan Gibran sebagai bakal calon pendampingnya.

Jika hal tersebut terjadi, Pangi mempertanyakan sikap apa yang akan diambil PDIP terhadap Jokowi dan Gibran. Pasalnya, Pangi menilai jika hal itu terjadi, maka Jokowi dianggap sudah tidak disiplin terhadap partai yang telah membesarkan namanya.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menanggapi isu yang menyebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal pindah ke Partai Golkar. Hasto enggan berandai-andai soal isu tersebut.

Dia mengatakan, yang pasti-pasti itu adalah seluruh tiga pilar partai akan bergerak memenangkan Ganjar Pranowo sebagai bakal calon presiden (capres) di Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

Begitu juga yang pasti adalah nama cawapres Ganjar akan diumumkan oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri setelah mempertimbangkan masukan Presiden Joko Widodo (Jokowi), para ketua umum partai pengusung, dan masyarakat.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait Wakil Ketua Tim Pemenangan atau TPN Ganjar Pranowo, Benny Rhamdani yang menyatakan para ketua umum partai politik (parpol) pendukung Ganjar Pranowo akan berkumpul di DPP PDIP pada Rabu, 18 Oktober 2023.

Benny juga menyebutkan bahwa bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo sudah akan diumumkan dan berinisial M.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Selasa 17 Oktober 2023:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Beranikah PDIP Pecat Jokowi Jika Gibran Jadi Cawapres Prabowo?

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, bersama putranya Prananda Prabowo dan putrinya Puan Maharani
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, bersama putranya Prananda Prabowo dan putrinya Puan Maharani, bersama Presiden Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin. (Foto: Dokumentasi PDIP).

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research & Consulting, Pangi Syarwi Chaniago menilai hubungan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan merenggang pasca-putusan MK. Dia menduga dalam waktu dekat PDIP akan memecat Gibran Rakabuming Raka.

"Dugaan saya Gibran akan dipecat, dan Gibran akan masuk ke Golkar, jadi cawapres Golkar yang akan berpasangan dengan Prabowo," ujar Pangi dalam keterangannya dikutip Selasa 17 Oktober 2023.

Pangi menduga dalam waktu dekat Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus bakal calon presiden Prabowo Subianto akan mengumumkan Gibran sebagai bakal calon pendampingnya.

Jika hal tersebut terjadi, Pangi mempertanyakan sikap apa yang akan diambil PDIP terhadap Jokowi dan Gibran.

Pasalnya, Pangi menilai jika hal itu terjadi, maka Jokowi dianggap sudah tidak disiplin terhadap partai yang telah membesarkan namanya.

 

Selengkapnya...


2. Reaksi Sekjen PDIP Soal Isu Gibran Bakal Pindah ke Golkar

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ditemani Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun menyampaikan keterangan pers usai memanggil Gibran Rakabuming Raka, Senin (22/5/2023).
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto ditemani Ketua Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun menyampaikan keterangan pers usai memanggil Gibran Rakabuming Raka, Senin (22/5/2023). Putra Jokowi yang juga wali kota Solo itu dipanggil DPP PDIP terkait pertemuan dengan Prabowo Subianto. (Foto: Ahda Bayhaqi/Merdeka.com)

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Sekjen PDIP) Hasto Kristiyanto menanggapi isu yang menyebut Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka bakal pindah ke Partai Golkar. Hasto enggan berandai-andai soal isu tersebut.

"Ya kok kita cerita bakal-bakal semuanya, kita yang pasti-pasti aja," kata Hasto di Media Center TPN Ganjar Presiden, Jalan Cemara, Menteng, Jakarta, Senin 16 Oktober 2023.

Sekjen PDIP ini mengatakan, yang pasti-pasti itu adalah seluruh tiga pilar partai akan bergerak memenangkan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden.

"Yang pasti apa? seluruh tiga pilar partai bergerak memenangkan Pak Ganjar Pranowo, itu yang pasti," katanya.

 

Selengkapnya...


3. TPN: Cawapres Ganjar Pranowo Berinisial M

Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) angkat bicara soal Mahkamah Konstitusi (MK) menambahkan syarat alternatif pada Pasal 169 huruf e UU Pemilu
Tim Pemenangan Nasional Ganjar Presiden (TPN GP) angkat bicara soal Mahkamah Konstitusi (MK) menambahkan syarat alternatif pada Pasal 169 huruf e UU Pemilu. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Wakil Ketua Tim Pemenangan (TPN) Ganjar Pranowo, Benny Rhamdani menyatakan para ketua umum partai politik (parpol) pendukung Ganjar Pranowo akan berkumpul di DPP PDIP pada Rabu, 18 Oktober 2023. 

"Besok pertemuan para ketua umum partai pagi jam 10 di DPP PDIP. Jam 2 seperti biasa siang itu rapat TPN ganjar," kata Benny pada wartawan, Selasa 17 Oktober 2023.

Benny juga menyebutkan bahwa bakal calon wakil presiden (cawapres) Ganjar Pranowo sudah akan diumumkan dan berinisial M. 

“Inisial M,” kata Benny. 

 

Selengkapnya...

Infografis Harta dan Gurita Bisnis Gibran Rakabuming Raka. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Harta dan Gurita Bisnis Gibran Rakabuming Raka. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya