Bontang City Carnival (BCC) 2023 Satukan Kreativitas Budaya Masyarakat Lokal

Wali Kota Bontang Basri Rase menyebut BCC bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Kota Bontang.

oleh Gloria Trivena May Ary pada 21 Okt 2023, 11:50 WIB
Diperbarui 21 Okt 2023, 11:51 WIB
Bontang City Carnival (BCC) 2023 Satukan Kreativitas Budaya Masyarakat Lokal
(c) Diskominfo

Liputan6.com, Bontang Kota Bontang sekarang sedang diramaikan dengan Bontang City Carnival 2023, yang telah dilaksanakan sejak Sabtu (21/10/2023) pukul 06.00 WITA. Acara ini sendiri berpusat di Simpang Tiga Ramayana, Kota Bontang, Kalimantan Timur. Meskipun baru dimulai selama beberapa jam saja, namun sudah ada banyak masyarakat yang memadati area panggung utama di pusat kegiatan karnaval.

Wali Kota Bontang Basri Rase menyebut BCC bertujuan untuk melestarikan budaya yang ada di Indonesia, khususnya di Kota Bontang. Karnaval dengan ragam kreatifitas budaya bisa menjadi cara untuk mempertahankan kebudayaan itu. 

“Mengingat Kota Bontang adalah kota yang memiliki keanekaragaman budaya. Pemerintah Kota Bontang berharap masyarakat dapat melestarikan, mengembangkan adat istiadat, dan tidak melupakan budaya negara kita yang kaya serta memberikan pengetahuan kepada generasi muda,” kata Basri saat sambutan membuka BCC dari panggung utama. 

Karnaval ini, sambungnya, bukan sekedar memeriahkan Hari Ulang Tahun Pemerintah Kota Bontang. Lebih dari itu, pengenalan budaya yang beragam bisa membuka wawasan masyarakat soal kekayaan budaya Indonesia yang ada di Kota Bontang. 

“Harapannya memberi dampak positif antara lain, yang pertama, sebagai motivasi agar masyarakat mengetahui obyek wisata sebagai destinasi wisata lainnya di Kota Bontang. Membuka peluang usaha kecil dan menengah, meningkatkan penghasilannya,” ujar Basri. 

Tujuan utama dari upaya tersebut adalah pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata. Sebab, kata Basri, sektor pariwisata memiliki dampak ekonomi luas hingga ke usaha kecil di masyarakat. 

“Semua itu pada akhirnya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kota Bontang yang otomatis meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota Bontang,” kata Basri

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya