Bontang City Carnival 2023 Sukses Pukau Masyarakat dengan Ragam Kreasi Budaya

Ragam kreasi budaya yang meriah dan memukau penonton mampu ditampilkan pada gelaran Bontang City Carnival 2023 yang digelar pada Sabtu (21/10/2023) lalu.

oleh Fachri pada 27 Okt 2023, 16:50 WIB
Diperbarui 27 Okt 2023, 16:49 WIB
Pujian Wali Kota untuk Penyelenggara Bontang City Carnival
Bontang City Carnival 2023.

Liputan6.com, Jakarta Ragam kreasi budaya yang meriah dan memukau penonton mampu ditampilkan pada gelaran Bontang City Carnival 2023 yang digelar pada Sabtu (21/10/2023) lalu. Kreasi budaya yang terlihat dari kostum karnaval yang dikenakan itu dilakukan oleh kelompok masyarakat, paguyuban, dan pelaku seni yang ada di Kota Bontang.

Menariknya, tema kostum karnaval itu sesuai dengan bidang kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi salah satu penampil. Seperti Dinas Ketahanan Pangan Kota Bontang yang menampilkan kostum tentang bahan pangan pokok masyarakat Indonesia.

Selain itu, perusahaan pengolahan gas alam cair di Kota Bontang yang memakai kostum bertema kilang dan pertambangan gas dan minyak bumi dan perbankan memakai kostum yang berhubungan dengan keuangan.

Selain memamerkan kostum karnaval yang meriah, peserta juga memakai pakaian adat yang ada di Indonesia. Nuansa budaya yang terlihat dari pakaian adat tersebut sangat terasa pada BCC 2023 dan salah satu nuansa budaya yang mencolok pada BCC 2023 adalah Suku Dayak.

Kreasi budaya yang unik dan meriah tersebut pun membuat antusiasme penonton BCC 2023 besar. Salah satu warga yang turut hadir pada BCC 2023 adalah Dinda. Wanita yang tinggal di Kelurahan Berbas tersebut mengikuti BCC 2023 bersama keluarga kecilnya.

“Di Kota Bontang sering ada pawai, tapi yang karnaval cuma BCC ini,” katanya.

“Kebetulan kakak ipar saya jadi peserta sehingga rombongannya paling ditunggu,” imbuh Dinda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Objek Wisata Dikenal Luas

Bontang City Carnival 2023
Bontang City Carnival 2023.

Wali Kota Bontang, Basri Rase berharap agar BCC menjadi motivasi untuk masyarakat guna mengetahui objek wisata sebagai destinasi wisata di Kota Bontang. Ia menegaskan, BCC dapat membuka peluang usaha kecil dan menengah serta meningkatkan penghasilan masyarakat.

“BCC menjadi event yang paling ditunggu masyarakat Bontang setiap tahunnya karena sudah diselenggarakan sejak tahun 2012,” ujarnya.

"Semoga event tahunan ini bisa membuat objek wisata di Kota Bontang dikenal lebih luas lewat media sosial maupun pemberitaan di media massa," imbuh Basri.

Dirinya pun mengucapkan apresiasi kepada semua pihak yang telah melaksanakan Bontang City Carnival sehingga dapat berjalan lancar dan sukses.

“Atas nama Pemerintah Kota Bontang saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada panitia dan peserta, sehingga pelaksanaan Bontang City Carnival dan Pawai Budaya bisa terselenggara dengan meriah, tertib, dan lancar,” ujar Basri.

Bontang City Carnival telah usai dan seluruh lapisan masyarakat di Kota Bontang pun merasakan kebahagiaan di atas perbedaan atas segala budaya yang ada. Ya, karnaval tersebut menunjukkan wajah asli Kota Bontang sebagai daerah dengan masyarakat yang heterogen.

Berbagai paguyuban dari suku, daerah, hingga kelompok masyarakat pun dengan bahagia memamerkan budaya yang dimilikinya masing-masing dan terdapat dari Sabang hingga Merauke.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya