Anak Buah Sebut SYL Pernah Perintahkan Jauhi KKN dan Ikuti SOP

Hal itu juga disampaikan dalam bentuk surat edaran Syahrul Yasin Limpo, agar seluruh jajaran selalu taat dalam mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP).

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 03 Jun 2024, 16:12 WIB
Diterbitkan 03 Jun 2024, 16:12 WIB
Sidang Lanjutan SYL Hadirkan Keluarga dan Kerabat Dekat Sebagai Saksi
Pada perkara ini, JPU pada KPK menduga mantan Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menerima gratifikasi dan melakukan tindak pemerasan di lingkungan Kementan untuk kepentingan pribadi dan keluarga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian Kementan, Dedi Nursyamsi menyampaikan, mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) pernah mengingatkan anak buahnya untuk menjauhi Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN). 

Hal itu juga disampaikan dalam bentuk surat edaran, agar seluruh jajaran selalu taat dalam mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP).

"Kan waktu itu zamannya Pandemi Covid-19, selain program kerja pandemi Covid, apakah beliau sering ingatkan nggak kepada saudara atau eselon I mengenai integritas?,” tanya hakim di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).

"Iya beliau mengingatkan," jawab Dedi. 

Dedi lantas menyampaikan bahwa SYL sempat meminta pegawai Kementan mematuhi aturan yang berlaku alias SOP dan jangan sampai melanggar aturan.

"Faktanya apa yang saudara dengar?,” tanya hakim. 

"Pada saat itu beliau sering menyampaikan intinya ikuti SOP. Ikuti SOP dengan betul jangan melanggar aturan," sahut Dedi. 

Selain itu, kata Dedi, SYL juga pernah meminta jajaran Kementan untuk tidak bersinggungan dengan KKN. 

"Ikuti SOP itu kan urusan umum, apa lagi? Hindari apa? KKN?," tanya hakim lagi. 

"Iya, hanya penyampaian itu," jawabnya. 

"Jadi setiap kali pertemuan apakah ada ucapan seperti itu mengingat kepada anda?," sahut hakim.

"Setiap kali," jawab Dedi.

"Apakah selain itu ada nggak semacam tertulis dari menteri untuk menghindari KKN? Semacam surat edaran kepada semua?," tanya hakim lagi. 

"Ada," ujar Dedi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cucu SYL Bantah Pernah Minta Jabatan

Sebelumnya, cucu mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), Andi Tenri Bilang Radisyah membantah pernah meminta jabatan kepada kakeknya di Kementerian Pertanian (Kementan). Kepada majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta Pusat, dia mengaku hanya diminta untuk magang.

"Saya tidak pernah bermohon Yang Mulia, tapi saya pernah diminta kakek saya untuk magang," tutur Andi di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2024).

Menurut Andi, dia mendapatkan gaji sebesar Rp4 juta per bulannya dari pekerjaannya itu. Hanya saja, honor tersebut tidak selalu diterima dengan nominal yang sama di setiap bulannya.

"Ada yang skip juga Yang Mulia, ada yang terlewat juga sepertinya," jelas dia.

Pada kesempatan yang sama, mantan ajudan SYL yakni Panji Haryanto mengatakan, cucu SYL ditempatkan sebagai staf khusus Biro Hukum  Sekjen di Kementerian Pertanian.

"Saya tahunya dari Mbak Rini ada SK Bibi (Andi Tenri Bilang) jadi Staf Tenaga Ahli di Biro Hukum Sekjen," kata Panji.

Infografis Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo Ditangkap KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo Ditangkap KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya