Sohibul Iman: Masalah Sanitasi Jakarta Harus Dibenahi

Meskipun Jakarta merupakan kota global dengan APBD yang besar, akses terhadap air bersih baru mencapai sekitar 67 persen.

oleh Siti Khotimah diperbarui 23 Jul 2024, 20:04 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 20:04 WIB
Susi Pudjiastuti Bahas Masalah Natuna di DPP PKS
Presiden PKS Sohibul Iman (kanan) saat acara diskusi "Ngopi Bareng Presiden PKS" di DPP PKS, Jakarta, Senin (20/1/2020). Diskusi ini mengangkat tema "Sengketa Natuna dan Kebijakan Kelautan". (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Bakal Calon Wakil Gubernur (Bacawagub) Jakarta, Mohamad Sohibul Iman, mengaku prihatin terhadap masalah sanitasi khususnya ketersediaan air bersih di Jakarta.

Menurutnya, meskipun Jakarta merupakan kota global dengan APBD yang besar, akses terhadap air bersih baru mencapai sekitar 67 persen.

"Saya terenyuh saat melihat data soal air bersih di Jakarta, dengan status sebagai kota global, dengan APBD sebesar itu, akses terhadap air bersih baru sekitar 67 persen," kata Sohibul Iman, Jakarta, Selasa (23/7).

"Artinya masih ada 33 persen masyarakat belum ada akses kepada sumber air bersih. Itupun belum dipersempit lagi pada air minum mungkin angkanya lebih besar lagi," sambungnya.

Wakil Ketua Umum Dewan Majelis Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menekankan, pentingnya memperhatikan isu-isu semacam ini dalam kepemimpinan di DKI Jakarta.

"Kita harus memastikan bahwa isu-isu seperti ini tetap menjadi perhatian dalam kepemimpinan di DKI Jakarta," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tak Penuhi Standar

Sebelumnya, dilansir dari laman Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan, 80 persen air tanah di wilayah Cekungan Air Tanah (CAT) Jakarta tidak memenuhi standar Menteri Kesehatan tentang Persyaratan Kualitas Air Minum.

Jakarta bagian Utara merupakan wilayah terparah dimana secara umum CAT air tanah mengandung unsur besi dengan kadar yang tinggi akibat adanya pengaruh dari intrusi air asin.

Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Bursa Kandidat dan Prediksi Koalisi Pilkada Jakarta 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya