7 Ucapan Duka Cita Sejumlah Tokoh Mulai JK hingga Jokowi Usai Kabar Duka Hamzah Haz Meninggal Dunia

Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia atau Wapres ke-9 RI Hamzah Haz meninggal dunia dalam usia 84 tahun pada Rabu (24/7/2024).

oleh Devira Prastiwi diperbarui 24 Jul 2024, 18:45 WIB
Diterbitkan 24 Jul 2024, 18:45 WIB
Mantan Wapres Hamzah Haz Kembali Jenguk Fuad Amin di Rutan KPK
Mantan Wapres Hamzah Haz menyambangi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Mantan Ketum PPP itu menjenguk mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron di rutan KPK. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden ke-9 Republik Indonesia atau Wapres ke-9 RI Hamzah Haz meninggal dunia dalam usia 84 tahun pada Rabu (24/7/2024). Hamzah Haz meninggal dunia di RSAPD Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Sejumlah tokoh pun menyampaikan rasa duka cita atas kepergian Hamzah Haz. Salah satunya Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) AM Hendropriyono yang mengaku kaget dengan meninggalnya Hamzah Haz.

Menurut dia, masih ngobrol dengan almarhum Hamzah Haz belum lama ini. Karena itu, Hendropriyono merasa sangat kehilangan.

"Saya terkejut ya. Karena kemarin kan ngobrol dan saya ikut berduka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga terutama anak-anak, cucu. Saya sangat kehilangan," ujar Hendropriyono di rumah duka, Jakarta Timur, Rabu (24/7/2024).

Kemudian, Wapres RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla atau JK juga menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Wapres ke-9 RI Hamzah Haz.

"Kami semua mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya ke rahmatullah almarhum Doktor Hamzah Haz," kata JK dalam keterangan tertulisnya.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga turut menyampaikan duka yang mendalam atas meniggalnya mantan Ketua Umum PPP Hamzah Haz. Sekjen PPP Arwani Thomafi mengatakan PPP berduka atas meninggalnya mantan Ketua Umum DPP PPP Hamzah Haz. Menurut dia, almarhum telah memberikan keteladanan yang baik bagi seluruh kader partai.

"Almarhum merupakan Ketua Umum PPP dua periode (1998-2007), Wakil Presiden ke-9 RI (2001-2004). Sosok politisi yang profesional, mengayomi dan menginspirasi seluruh kader," kata Arwani.

Berikut sederet ucapan duka cita atas kabar Wapres ke-9 RI Hamzah Haz meninggal dunia pada Rabu (24/7/2024) dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Hendropriyono Mengaku Kaget Dengar Kabar Hamzah Haz Meninggal Dunia

Mantan Wapres Hamzah Haz Kembali Jenguk Fuad Amin di Rutan KPK
Mantan Wapres Hamzah Haz seusai mendatangi Gedung KPK, Jakarta, Kamis (2/4/2015). Mantan Ketum PPP itu kembali menjenguk mantan Bupati Bangkalan Fuad Amin Imron di rutan KPK. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Mantan Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) AM Hendropriyono mengaku kaget dengan meninggalnya Wakil Presiden RI ke-9 Hamzah Haz, Rabu (24/7/2024). Menurut dia, masih ngobrol dengan almarhum belum lama ini. Karena itu, Hendropriyono merasa sangat kehilangan.

"Saya terkejut ya. Karena kemarin kan ngobrol dan saya ikut berduka cita sedalam-dalamnya kepada seluruh keluarga terutama anak-anak, cucu. Saya sangat kehilangan," ujar Hendropriyono di rumah duka, Jakarta Timur, Rabu (24/7/2024).

Hendropriyano mengaku cukup mengenal sosok Hamzah Haz semenjak merintis sebagai sama-sama Komisaris di perusahaan swasta. Karir keduanya pun moncer hingga akhir menduduki kursi pemerintahan.

"Mulai sama-sama di swasta, sama-sama jadi Komisaris di suatu perusahaan. Kemudian sama-sama masuk di kabinet. Beliau jadi wakil presiden, saya menteri dan hubungan sangat dekat," ucap dia.

Hendropriyono pun mengaku mendengar kabar Hamzah Haz sakit, meski tak menjelaskan Lebih detail akan penyakit almarhum. Meski begitu, dia sangat mengenang akan kepribadian almarhum.

"Sebagai seorang yang sangat jujur dan selalu setia kepada kawan, baik dalam susah dan senang, terutama dikala susah, sama-sama dan tidak meninggalkan kawan, banyak yang bisa kita tiru," tutupnya.

 


2. Jusuf Kalla Kenang Hamzah Haz

SBY hingga Megawati Hadiri Pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata
Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz (tengah) memberi hormat saat menghadiri pemakaman Presiden ke-3 RI BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). Habibie dikebumikan di sebelah makam istri tercinta, Ainun Aini. (merdeka.com/Iqbal Nugroho)

Wakil Presiden (Wapres) RI ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla atau JK menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya Wapres RI ke-9 Hamzah Haz. Hamzah Haz berpulang pada Rabu (24/7/2024).

"Kami semua mengucapkan belasungkawa atas berpulangnya ke rahmatullah almarhum Doktor Hamzah Haz," kata JK dalam keterangan tertulisnya, diterima Rabu (24/7/2024).

JK mengenang Hamzah Haz sebagai tokoh bangsa yang sangat penting. Adapun Hamzah Haz adalah Wapres ke-9 yang saat itu mendampingi Megawati Soekarno Putri.

Menurut JK, Hamzah Haz merupakan sosok yang menempati banyak posisi termasuk sebagai ketua di Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Beliau juga membaktikan dirinya sebagai politisi, cendekiawan dan juga tokoh islam yang baik," ucap JK.

JK mengajak masyarakat Indonesia untuk mendoakan Hamzah Haz agar diterima di tempat terbaik di sisi Tuhan.

"Semoga almarhum diberikan tempat terbaik disisiNya sesuai dengan amal ibadahnya. Al fatihah," ucap JK.

 


3. Megawati Sedih Kehilangan Sahabat Sejati

Tokoh Hadiri Pelantikan Anggota DPR
Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri bersama mantan wakil Presiden, Try Sutrisno dan mantan wakil presiden, Hamzah Haz menghadiri pelantikan anggota DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). (Liputan6.com/Johan Tallo)

Ketua Umum PDIP yang juga Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri merasa sedih atas wafatnya Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz. Megawati merasa kehilangan sahabat sejatinya.

"Pertama, ketika saya melapor ke ibu Mega, beliau sangat berduka dan bersedih kehilangan sahabat sejatinya yang bersama-sama ketika itu menangani krisis multidimensi," kata Hasto, Rabu (24/7/2024).

Hasto pun menceritakan, bagaimana Megawati dan Hamzah Haz saat pemimpin Indonesia menjadi pasangan presiden dan wakil presiden.

"Tapi karena keduanya mengedepankan kepentingan bangsa dan negara akhirnya berbagai masalah multi dimensi dapat ditangani dengan baik," jelas dia.

Hasto menyebut, hubungan Megawati dan Hamzah Haz terjalin sangat baik. Hal itu terbukti saat Hamzah Haz sakit, Megawati memerintahkan langsung Ribka Tjiptaning untuk mengurus kesehatan Hamzah Haz.

"Hubungan persahabatan di antara mereka juga terjalin sangat baik. Contoh, ibu prihatin ketika seorang wapres periode sekian begitu tidak menjabat, saat itu kesehatannya tidak diurus negara. Maka ibu memerintahkan kepada Mbak Ribka Tjiptaning untuk mengurus kesehatan buat Pak Hamzah Haz supaya mendapatkan pelayanan platinum, apapun beliau ini sama-sama berjuang," ungkap Hasto.

"Dan kepiawaian Pak Hamzah Haz yang sangat memahami persoalan ekonomi dan politik anggaran itu sangat membantu, maka persahabatan mereka terus berlangsung hingga hari ini," sambungnya.

Oleh sebab itu, Megawati pun merasa kehilangan dan berbela sungkawa atas wafatnya Hamzah Haz.

"Semoga dilancarkan jalannya. PDI Perjuangan ikut berduka cita dan memberikan penghormatan terbaik untuk beliau," imbuh Hasto.

 


4. PPP Intruksikan Kader Salat Gaib dan Gelar Tahlil

Jenazah Wakil Presiden RI ke-9 Diberangkatkan untuk Dimakamkan
Hamzah Haz merupakan tokoh politik dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menyampaikan duka yang mendalam atas meniggalnya mantan Ketua Umum PPP Hamzah Haz pada Rabu (24/7/2024).

Sekjen PPP Arwani Thomafi mengatakan PPP berduka atas meninggalnya mantan Ketua Umum DPP PPP Hamzah Haz. Menurut dia, almarhum telah memberikan keteladanan yang baik bagi seluruh kader partai.

Almarhum merupakan Ketua Umum PPP dua periode (1998-2007), Wakil Presiden ke-9 RI (2001-2004). Sosok politisi yang profesional, mengayomi dan menginspirasi seluruh kader,” ujar Arwani dalam keterangannya, di Jakarta, Rabu (24/7/2024).

Arwani menyebutkan Hamzah Haz meninggalkan keteladanan yang baik bagi partai dan menjadi role model bagi kader dalam berpartai dan bekerja di jabatan publik.

"Pak Hamzah merupakan kombinasi politisi sekaligus sosok profesional. Beliau legenda bagi PPP," ucap Arwani.

PPP menyerukan kepada kader untuk salat ghaib dan menggelar doa dan tahlil sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi dan perjuangan almarhum bagi PPP dan Indonesia.

"Kami mengintruksikan kepada kader PPP seluruh Indonesia untuk menggelar salat gaib dan tahlil untuk almarhum Pak Hamzah Haz sebagai bentuk penghormatan dan kecintaan kami kepada almarhum. Semoga almarhum husnul khotimah," terang Arwani.

Arwani menyebut Hamzah masih sempat mengikuti kegiatan partai pada tahun lalu di Jakarta. Hal itu juga karena menurutnya semangat Hamzah yang masih ingin berdakwah.

"Beberapa kesempatan yang lalu beliau juga masih sempat mengikuti kegiatan partai," jelas dia.

 


5. Puan Maharani Sebut Hamzah Haz Sosok Teduh yang Merangkul

DPR RI
Ketua DPR RI Puan Maharani di acara Parliamentary Meeting on The Occasion of The 10th WWF di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC), Bali, Selasa (21/5)/Istimewa.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyampaikan dukacita atas wafatnya tokoh bangsa, Hamzah Haz. Ia pun mengenang sosok Wakil Presiden (Wapres) ke-9 RI itu sebagai tokoh yang teduh dan merangkul.

"Innalillahi Wainnailaihi Roji'un. Saya atas nama pribadi, keluarga dan DPR RI menyampaikan belasungkawa yang mendalam atas kepergian Bapak Dr. Hamzah Haz. Beliau adalah sosok pemimpin yang telah memberikan kontribusi besar bagi bangsa dan negara," kata Puan, dalam keterangannya, Kamis (24/7/2024).

Puan mengenang sosok Hamzah Haz yang merupakan wapres era Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri itu.

"Bapak H. Hamzah Haz yang saya kenal adalah sosok yang teduh dan merangkul. Beliau sosok negarawan paripurna yang mewakafkan dirinya berdedikasi untuk bangsa dan negara," ungkapnya.

Puan mengapresiasi dedikasi dan perjuangan Hamzah Haz selama masa hidupnya. Ia juga menyinggung peran Hamzah Haz saat bersama Presiden Megawati pemimpin Indonesia.

"Bapak Hamzah Haz adalah seorang negarawan yang memiliki komitmen kuat terhadap kemajuan bangsa. Kepemimpinan beliau bersama Ibu Megawati Soekarnoputri telah membawa Indonesia melalui masa-masa yang penuh tantangan dengan keberanian dan kebijaksanaan," papar Puan.

"Kami sangat menghormati dedikasi dan jasa-jasa beliau dalam memajukan Indonesia. Kontribusinya untuk bangsa ini sangat besar," sambungnya.

Selain sebagai Wapres, Hamzah Haz dikenal sebagai tokoh politik senior dengan kepemimpinan yang visioner. Di bawah kepemimpinan almarhum, PPP dinilai berkembang menjadi partai politik yang solid dan berperan penting dalam dinamika politik nasional.

"Kepemimpinan beliau di PPP memberikan kontribusi besar bagi demokrasi di Indonesia. Bapak Hamzah Haz selalu mengedepankan keharmonisan antarumat beragama dan memperjuangkan nilai-nilai keadilan serta kemanusiaan," terang Puan.

 


6. Istana Sampaikan Duka Cita

Momen Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Hamzah Haz
Hamzah Haz juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan pada 1998 hingga 2007. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Istana ikut berduka atas meninggalnya Wakil Presiden RI ke-9, Hamzah Haz. Hal ini disampaikan oleh Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden M. Yusuf Permana.

Yusuf menyebut, Hamzah Haz meninggal di kediamannya pukul 09.45 WIB hari ini, Rabu (24/7).

"Innalillahi wa innailaihi rojiun. Telah meninggal dunia pada hari ini tanggal 24 Juli 2024 jam 09.45 Bapak Hamzah Haz wapres ke-9 di kediaman beliau," kata Yusuf dalam keterangannya kepada wartawan, Rabu (24/7/2024).

Menurut Yusuf, jenazah almarhum akan dibawa ke Bogor oleh keluarga.

"Saat ini masih di kediaman. Rencana dari keluarga akan bawa jenazah ke Bogor. Semoga beliau husnul khotimah," kata Yusuf.

Senada, Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Moeldoko mengungkapkan belasungkawanya yang mendalam atas berpulangnya Wakil Presiden ke-9 RI, Hamzah Haz pada Rabu (24/7/2024). Moeldoko menilai Hamzah Haz merupakan seorang tokoh nasional yang telah banyak berkontribusi bagi bangsa dan negara.

"Hamzah Haz adalah sosok yang gigih berjuang untuk kepentingan rakyat, dan komitmennya terhadap demokrasi patut dicontoh," kata Moeldoko dikutip dari siaran persnya, Rabu (24/7/2024).

"Kita harus berterima kasih kepada jasa-jasa beliau terhadap bangsa ini," sambungnya.

Dia juga menyampaikan rasa belasungkawa kepada keluarga yang ditinggalkan. Moeldoko berharap agar mereka diberikan ketabahan dan kekuatan di masa sulit ini.

"Semoga arwah almarhum diterima di sisi-Nya dan mendapatkan tempat terbaik di surga," tandas Moeldoko.

 


7. Jokowi Sebut Hamzah Haz Negarawan yang Punya Banyak Pengabdian untuk Indonesia

Momen Presiden Jokowi Melayat ke Rumah Duka Hamzah Haz
Hamzah Haz merupakan sebagai Wakil Presiden pada era pemerintahan Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri pada tahun 2001-2004. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengucapkan duka cita atas wafatnya Wakil Presiden ke-9 RI Hamzah Haz pada Rabu (24/7/2024). Jokowi mengatakan Hamzah Haz merupakan negawaran yang telah mengabdi untuk Indonesia.

"Innalillahi wa inna ilaihi raji'un, telah berpulang ke rahmatullah tadi pagi almarhum Bapak Dr H Hamzah Haz dalam usia beliau yang ke 84 tahun. Atas nama pemerintah, atas nama bangsa dan rakyat, kami ikut berduka cita yang mendalam," ujar Jokowi saat melayat di rumah duka, Jakarta, Rabu (24/7/2024).

"Beliau adalah seorang negarawan yang telah mengabdi untuk bangsa dan negara baik sebagai Wakil Presiden di tahun 2001-2004 maupun pengabdian lainnya yang kita tahu sangat-sangat banyak," sambungnya.

Jokowi menyampaikan almarhum Hamzah Haz akan dimakamkan di Bogor, Jawa Barat. Nantinya, kata dia, prosesi pemakaman akan dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Hadi Tjahjanto.

"Nanti upacara pemakaman akan dipimpin oleh Pak Menko dan dilaksanakan di pemakaman di Bogor," tandas Jokowi.

Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya