Menyongsong Indonesia Emas 2045, Kualitas Pendidikan Dinilai Jadi Kunci Kemajuan

Penulis Buku Irmanjaya Thaher menyatakan bahwa rekonstruksi negara diperlukan untuk menghadapi situasi yang terus berubah menuju Indonesia Emas 2045.

oleh Tim News diperbarui 30 Jul 2024, 13:25 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2024, 13:25 WIB
Penulis Buku Irmanjaya Thaher menyatakan bahwa rekonstruksi negara diperlukan untuk menghadapi situasi yang terus berubah menuju Indonesia Emas 2045.
Penulis Buku Irmanjaya Thaher menyatakan bahwa rekonstruksi negara diperlukan untuk menghadapi situasi yang terus berubah menuju Indonesia Emas 2045. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Dalam rangka persiapan jelang peringatan kemerdekaan Indonesia, berbagai perayaan menunjukkan semangat rakyat untuk merayakan pencapaian bangsa mulai terlihat. Namun, tantangan dalam sektor pendidikan, ekonomi, dan penegakan hukum menjadi sorotan utama.

Hal itu seperti disampaikan Penulis Buku Irmanjaya Thaher dalam acara bedah buku 'Menata Negara Indonesia: Dalam Bingkai Konstitusi Undang-Undang Dasar 1945'. Dia menyatakan bahwa rekonstruksi negara diperlukan untuk menghadapi situasi yang terus berubah.

"Pancasila harus diintegrasikan kembali dalam pemerintahan saat ini untuk mendorong kemajuan negara," ujarn Irmanjaya melalui keterangan tertulis, Selasa (30/7/2024).

Sementara, lanjut dia dalam hal kesejahteraan, bukan angka-angka kemajuan ekonomi yang menjadi tolok ukur keberhasilan pembangunan sebuah negara.

Namun, kata Irmanjaya, bagaimana menghilangkan kemiskinan, meningkatkan dan pemerataan kesejahteraan rakyat Indonesia seperti yang tersirat dalam UUD 1945.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai akademisi dan praktisi hukum yang membahas keresahan terkait pendidikan dan penegakan hukum di Indonesia.

Dengan memanfaatkan potensi bonus demografi dan kemajuan teknologi, diharapkan pendidikan dan penegakan hukum dapat terus ditingkatkan untuk mendekatkan Indonesia pada visi Indonesia Emas 2045.

"Visi Indonesia Emas 2045, yang mengusung konsep 'welfare for all' menggarisbawahi pentingnya setiap kebijakan dan tindakan negara untuk memberikan manfaat maksimal bagi seluruh rakyat," ucap dia.

"Dalam konteks ini, peningkatan kualitas pendidikan menjadi sangat penting untuk memastikan bahwa negara dapat maju dan sejahtera," ucap Irmanjaya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Masih Ada Kesenjangan

Ilustrasi perubahan sosial di bidang pendidikan dan teknologi, belajar secara online
Ilustrasi perubahan sosial di bidang pendidikan dan teknologi, belajar secara online. (Photo Copyright by Freepik)

Irmanjaya mengatakan, data terbaru dari Badan Pusat Statistik (BPS) Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2023 menunjukkan bahwa angka anak tidak sekolah meningkat seiring bertambahnya usia.

"Hal ini menunjukkan adanya tantangan besar dalam sektor pendidikan. Angka kemiskinan juga mengalami peningkatan dari 2019 hingga 2023, menunjukkan bahwa masalah kemiskinan masih memerlukan perhatian serius," terang dia.

Menurut Irmansaya, penegakan hukum di Indonesia juga mendapat kritik dengan survei Lembaga Survey Indonesia Oktober 2023 mengindikasikan penegakan hukum dianggap buruk.

"Kesenjangan ini menunjukkan bahwa Indonesia masih jauh dari cita-cita founding fathers dan perlu langkah konkret untuk mengatasi masalah ini," jelas Irmanjaya.

 


Pendidikan Jadi Kunci

Ilustrasi murid di kelas
Saat orangtua turut membantu dan mendukung kegiatan pendidikan anak, mereka akan menjadi lebih percaya diri. (Foto: Pexels/Katerina Holmes)

Pada kesempatan tersebut, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva menyampaikan sambutannya, mendukung pernyataan Irmanjaya bahwa pendidikan yang tinggi merupakan kunci bagi sebuah negara untuk mencapai kemajuan.

"Semakin baik tingkat pendidikan masyarakat, semakin besar peluang negara untuk berkembang. Oleh karena itu, penegakan hukum yang tepat sangat penting untuk meningkatkan pemahaman hukum dan menghasilkan pemimpin yang kompeten," ucap dia.

Menurut Hamdan Zoelva, peran penentu kebijakan seperti presiden dan DPR sangat vital dalam memajukan pendidikan.

"Penentu kebijakan, terutama presiden dan DPR, memegang peran besar dalam mengimplementasikan kebijakan yang mendukung peningkatan pendidikan dan kesejahteraan rakyat," kata dia.

Hamdan Zoelva juga menyoroti pentingnya ekonomi kerakyatan di Indonesia meskipun ekonomi global cenderung menuju ekonomi pasar.

"Untuk menjadi bangsa yang mandiri, Indonesia harus tetap pada prinsip ekonomi kerakyatan. Negara harus menjamin hak asasi manusia dan menerapkan penegakan hukum yang ketat," jelas dia.

infografis hari pendidikan nasional
kurikulum tiap era pemerintahan (liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya