2 Terduga Teroris yang Ditangkap Densus 88 Polri di Jakbar Terafiliasi ISIS

Densus 88 Antiteror Polri menangkap dua orang terduga teroris di Jakarta Barat. Mereka terafiliasi jaringan terorisme Daulah Islamiyah atau ISIS.

oleh Nafiysul QodarNanda Perdana Putra diperbarui 07 Agu 2024, 15:10 WIB
Diterbitkan 07 Agu 2024, 15:10 WIB
Polisi Bersenjata Jaga Rumah Terduga Teroris Bogor
Ilustrasi - Densus 88 Antiteror Polri bersama Sat Reskrim Polres Bogor saat akan menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP) di rumah terduga teroris di Nanggewer, Cibinong, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (18/5/2019). Polisi telah mengamankan terduga teroris jaringan ISIS berinisial E alias Abu Rafi alias Pak Jenggot (51). (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Densus 88 Antiteror Polri berhasil menangkap dua orang terduga teroris di kawasan Jakarta Barat (Jakbar) pada Selasa, 6 Agustus 2024. kedua terduga teroris tersebut berinisial RJ dan AM.

Kabag Renim Densus 88 Antiteror Polri Brigjen Pol Aswin Siregar mengatakan, keduanya itu diduga kuat berafiliasi dengan jaringan terorisme Daulah Islamiyah (DI) atau yang lebih dikenal sebagai ISIS.

“Ditangkap di wilayah Jakarta Barat, Jakarta. Yang bersangkutan atau kedua orang tersebut merupakan pendukung dari Daulah Islamiyah atau ISIS yang kita kenal,” tutur Aswin di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (7/8/2024).

Aswin menjelaskan bahwa kedua terduga teroris tersebut aktif mengunggah narasi dukungan dan propaganda untuk ISIS di media sosial. Mereka juga mengibarkan bendera ISIS sambil memegang senjata, disertai pernyataan atau ajakan untuk mendukung Daulah Islamiyah.

“Kemudian dalam pendalaman, berdasarkan penyidikan yang dilakukan kita ketahui dua orang ini telah merakit pula bahan peladak yang sudah diamankan penyidik Densus 88, namun hal ini patut menjadi perhatian kita kembali bahwa kedua orang ini tidak dalam jaringan teror yang aktif,” ucap dia.

“Jadi mereka teradikalisasi, terpapar, dan kemudian memiliki niat untuk melakukan serangan tersebut, termotivasi dari kegiatan di sosial media,” sambung Aswin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Amankan Airsoft Gun hingga Bahan Peledak

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan petugas meliputi satu unit senjata airsoft gun, bendera ISIS, beberapa jaket atau pakaian atribut ISIS, pisau lipat, bahan peledak, bahan kimia untuk pembuatan peledak, satu unit ponsel, dan sejumlah senjata tajam lainnya.

“Di sini kami ingin menekankan dan menyambung kemarin yang kasus penangkapan satu tersangka HOK di Batu, Malang, yang sama teradilkalisasi dari keiikutsertaannya di sosial media atau grup-grup sosial media baik yang di dalam negeri atau pun kita ketahui grup itu dikelola dari luar negeri,” Aswin menandaskan.

Infografis Penangkapan Terduga Teroris di Kota Batu Jatim. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Penangkapan Terduga Teroris di Kota Batu Jatim. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya