Infografis Skenario Pemindahan ASN dan Plus Minus Tinggal di IKN Nusantara

Tidak semua ASN pindah ke IKN Nusantara pada September 2024. Pemindahan ASN berlangsung secara bertahap, disesuaikan dengan kesiapan hunian oleh Otorita IKN.

oleh Anri SyaifulDevira PrastiwiAbdillah diperbarui 29 Agu 2024, 09:04 WIB
Diterbitkan 29 Agu 2024, 09:04 WIB
Banner Infografis 12 Tower Hunian dan Skenario Pemindahan ASN ke IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis 12 Tower Hunian dan Skenario Pemindahan ASN ke IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Liputan6.com, Jakarta - Ada kabar terbaru soal pemindahan Aparatur Sipil Negara (ASN) ke Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara. Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas tidak semua ASN pindah ke IKN pada September 2024.

"Jadi kami sudah mapping (pemetaan) terkait skenario pemindahan ASN, termasuk seluruh Kementerian/Lembaga. Nanti eselon I-nya siapa, eselon II-nya siapa? Nama-namanya sudah ada," kata Azwar Anas di Jakarta, Selasa 27 Agustus 2024.

Menteri Azwar menjelaskan pemindahan ASN berlangsung secara bertahap. Tepatnya, pemindahan disesuaikan dengan kesiapan hunian oleh Otorita IKN Nusantara.

"Beberapa yang akan pindah duluan di sana, nanti disesuaikan dengan kesiapan tempat yang telah disiapkan oleh OIKN, salah satunya oleh Pak Basuki (Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR Basuki Hadimuljono)," MenPAN-RB menambahkan.

Alasan tidak serentaknya pemindahan ASN sesuai dengan pesan Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Menurut Azwar Anas, Jokowi berpesan pemindahan ASN tidak diadakan secara terburu-buru hingga infrastrukturnya memadai.

Adapun Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, kementeriannya selalu bekerja sama dengan Kementerian PANRB mengenai pemindahan ASN. "Karena tidak hanya hunian, tapi kantor juga harus disiapkan."

Perihal pemindahan Pegawai Negeri Sipil atau PNS pada September 2024, Kementerian PUPR hanya menunggu arahan dari Presiden Jokowi dan Menteri PANRB. "Kami (Kementerian PUPR) ditugasi untuk menyiapkan prasarananya."

Ada sekitar 10-12 tower di IKN Nusantara yang siap dihuni ASN. Bagaimana skenario pemindahannya? Apa saja plus-minus ASN tinggal di IKN? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Infografis 12 Tower Hunian dan Skenario Pemindahan ASN ke IKN Nusantara

Infografis 12 Tower Hunian dan Skenario Pemindahan ASN ke IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis 12 Tower Hunian dan Skenario Pemindahan ASN ke IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)

Infografis Plus Minus ASN Tinggal di IKN Nusantara

Infografis Plus Minus ASN Tinggal di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Plus Minus ASN Tinggal di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya