Catat, Ini Rekayasa Lalu Lintas di Jakarta Selama Ada Kunjungan Paus Fransiskus

Paus Fransiskus dijadwalkan akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Dia juga akan menghadiri sejumlah agenda di Jakarta pada 4-5 September 2024.

oleh Nafiysul QodarTim News diperbarui 01 Sep 2024, 16:55 WIB
Diterbitkan 01 Sep 2024, 16:54 WIB
Jakarta Siap Sambut Kedatangan Paus Fransiskus
Selanjutnya, Paus Fransiskus akan menghadiri Misa Kudus bersama umat Katolik dari berbagai daerah di Indonesia. Kegiatan ini digelar di Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Madya, Jakarta. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi Jakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) tengah menyiapkan pemberlakuan rekayasa lalu lintas sehubungan dengan agenda kunjungan Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus ke Indonesia. Paus Fransiskus dijadwalkan akan berada di Jakarta pada 3-6 September 2024.

"Sehubungan dengan kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia pada 3-6 September 2024, kami melakukan rekayasa lalu lintas di kawasan yang akan dikunjungi dan pelaksanaan misa akbar," kata Kepala Dishub Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Minggu (1/9/2024).

Berikut rekayasa lalu lintas yang diberlakukan di Jakarta saat kunjungan Paus Fransiskus:

1. Rekayasa lalu lintas Rabu (4/9/2024) di Gereja Katedral mulai 16.00 WIB

  • Rute pengalihan lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI, Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan MH Thamrin sisi Barat-Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat-Jalan Majapahit-Jalan Juanda Jalan Pos-Jalan Gunung Sahari-dan seterusnya;
  • Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan HOS Cokroaminoto-Jalan Wahid Hasyim-Jalan Mas Mansyur-dan seterusnya.

2. Rekayasa lalu lintas Kamis (5/9/2024) di Masjid Istiqlal mulai 08.30 WIB

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

  • Rute pengalihan lalu lintas dari Selatan (Bundaran HI, Tanah Abang, Kebon Sirih, Budi Kemuliaan) menuju Timur (Stasiun Senen) dapat melalui Jalan MH Thamrin sisi Barat-Jalan Medan Merdeka Barat sisi Barat-Jalan Majapahit-Jalan Juanda-Jalan Pos-Jalan Gunung Sahari-dan seterusnya;
  • Lalu lintas dari Timur (Menteng) menuju ke Barat (Tanah Abang) dapat menggunakan Jalan Hos Cokroaminoto-Jalan Wahid Hasyim-Jalan Mas Mansyur-dan seterusnya.

Rekayasa Lalu Lintas di GBK

Sambut Kunjungan Paus Fransiskus, Gereja Katedral Jakarta Berhias
Paus Fransiskus juga akan menghadiri Misa Kudus bersama umat Katolik dari berbagai daerah di Stadion Gelora Bung Karno dan Stadion Madya, Jakarta. (Yasuyoshi CHIBA/AFP)

3. Rekayasa lalu lintas Kamis (5/9/2024) di Gelora Bung Karno mulai 15.30 WIB

  • Lalu lintas dari arah Selatan (Cipete) menuju ke Barat (Slipi) atau Utara (Monas) dapat menggunakan Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah-berputar di U-Turn depan Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-dan seterusnya;
  • Lalu lintas dari Utara (Harmoni) menuju ke Selatan (Blok M) dapat melalui Jalan Medan Merdeka Barat-Jalan Budi Kemuliaan-Jalan Abdul Muis-Jalan Fachrudin-Jalan KH Mas Mansyur-Jalan Penjernihan-Jalan Pejompongan-Jalan Tentara Pelajar-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Kyai Maja-Jalan Panglima Polim-dan seterusnya;
  • Lalu Lintas dari Timur (Tebet) ke Barat (Slipi) dapat melalui jalan Kapten Tendean-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Trunojoyo-Jalan Kyai Maja-Jalan Kebayoran Baru-Jalan Arteri Pondok Indah berputar di depan U-turn Gandaria City-Jalan Teuku Nyak Arief-Jalan Tentara Pelajar-Jalan S Parman-dan seterusnya;
  • Lalu Lintas dari Barat (Slipi) menuju ke Timur (Tebet) dapat melalui Jalan S Parman-Jalan Pejompongan-Jalan Penjernihan-Jalan RM Margono-Jalan Galunggung-Jalan Dr Saharjo-Jalan Prof Dr Soepomo-Jalan MT Haryono-dan seterusnya.

Kunjungi Indonesia hingga Papua Nugini

Persiapan Natal Gereja Katedral Jakarta
Foto Paus Fransiskus terlihat jelang perayaan Natal di Gereja Katedral Jakarta, Selasa (20/12/2022). Sepekan jelang perayaan Natal gereja Katedral bersiap menghias gereja dengan pernak-pernik Natal. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Paus Fransiskus dijadwalkan melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia, Papua Nugini, Timor Leste, dan Singapura pada 2-13 September 2024. Indonesia menjadi negara pertama dalam rangkaian kunjungan Paus Fransiskus ke kawasan Asia Pasifik, yakni pada 3-6 September 2024.

Paus kemudian melanjutkan kunjungan ke Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo pada 6-9 September 2024, Dili (Timor Leste) pada 9-11 September 2024, dan Singapura pada 11-13 September 2024.

Paus Fransiskus dijadwalkan tiba di Indonesia pada 3 September 2024 siang. Lalu, keesokan harinya atau pada 4 September, pemimpin umat Katolik dunia tersebut dijadwalkan bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta.

Kemudian pada 5 September 2024, Paus Fransiskus dijadwalkan menghadiri pertemuan antar-agama di Masjid Istiqlal, Jakarta, dan dilanjutkan pertemuan dengan penerima manfaat organisasi amal di Kantor Konferensi Waligereja Indonesia.

Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Tragedi Kemanusiaan 3.000 Lebih Anak Meninggal di Gaza. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya