Ramai soal Jet Pribadi, Eks Ketum PSI Mengaku Kini Tak Tahu Keberadaan Kaesang

Grace mengaku dirinya tidak memantau kegiatan sehari-hari Kaesang dan Erin Gudono. Dia pun menolak berbicara panjang lebar terkait isu yang tengah menyorot Kaesang dan istrinya.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 03 Sep 2024, 18:15 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2024, 18:15 WIB
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep
Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep dalam Konsolidasi Akbar PSI dan Relawan Jokowi di Sentul International Convention Center, Minggu (21/1/2024). (Foto: Istimewa).

Liputan6.com, Jakarta Mantan Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie enggan menanggapi soal sorotan hidup mewah putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep serta istrinya, Erina Gudono yang menggunakan jet pribadi. Grace menyebut dirinya saat ini tak masuk struktur kepengurusan PSI.

"Itu kan terkait dengan, mendingan tanya Beliaunya (Kaesang) langsung. Kan aku udah enggak di struktur," kata Grace di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Dia mengaku tak mengetahui soal keberadaan Ketua Umum PSI itu saat ini. Grace menyebut dirinya tidak memantau kegiatan sehari-hari Kaesang dan Erin Gudono.

"Saya sudah enggak di struktur, jadi enggak mantau hari-hari. Dicek dulu. Nanti salah lagi informasi dari saya," tutur Grace.

Sebelumnya, Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Alexander Marwata memerintahkan Direktorat Gratifikasi dan Direktorat Laporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) KPK untuk meminta klarifikasi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) usai bepergian menggunakan jet pribadi.

"Pimpinan sendiri sebenarnya sudah memerintahkan Direktur Gratifikasi, tolong dong itu informasi-informasi dari media itu diklarifikasi," kata Alex di Gedung KPK, Selasa, 27 Agustus 2024.

Menurut Alex, klarifikasi terhadap Kaesang yang menyewa jet pribadi dengan harga cukup fantastis itu diperlukan. Selain untuk memecahkan polemik di masyarakat, KPK ingin mengetahui apakah penggunaan jet pribadi itu berkaitan dengan pemberian fasilitas.

"Kita harus pro aktif klarifikasi, toh enggak masalah juga KPK yang kemudian bisa menjelaskan. Tapi jangan sampai pertanyaan masyarakat itu menggantung, ini apa ini kejadiannya, apakah masuk gratifikasi? Siapa yang memberikan fasilitas itu dan sebagainya harus clear," tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KPK Bisa Tagih LHKPN Kaesang

Gaya Kaesang Pangarep Dampingi Erina Gudono Ikut Orientasi Program S2 di Amerika Serikat, Pakai Tas Rp26 Juta
Intip gaya Kaesang Pangarep saat dampingi Erina Gudono ikut orientasi program S2 di Amerika Serikat. Putra bungsu Presiden Jokowi tampil siaga kenakan backpack Rp26 juta. [@erinagudono].

Meskipun Kaesang bukan pihak penyelenggara negara, tapi KPK masih bisa menagih LHKPN Ketum PSI itu. Mengingat Kaesang berasal dari keluarga penyelenggara negara.

"Secara umum bisa, kalau enggak bisa, ya kayak saya suruh saja anak saya untuk kamu terima saja semua itu, selesai sudah. Bukan saya yang melakukan itu anak saya," ucap Alex mencontohkan.

Sebelumnya, ramai beredar sebuah video merekam Kaesang dan Erina turun dari pesawat jet jenis Gulfstream G650ER di Bandara Adi Soemarmo, Solo.

Sebagai informasi, beberapa hari yang lalu, Erina membagikan sebuah foto dengan caption 'Go To USA'.

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya