Prabowo Beberkan Alasan Kabinet Merah Putih Retreat dan Pembekalan di Akmil Magelang

Presiden RI Prabowo Subianto pun mengungkapkan alasan mengapa diperlukan adanya retreat dan pembekalan Kabinet Merah Putih selama 3 hari sebelum mulai bekerja di Akmil Magelang.

oleh Devira PrastiwiKhofifah Azzahro diperbarui 27 Okt 2024, 18:30 WIB
Diterbitkan 27 Okt 2024, 18:30 WIB
Presiden RI Prabowo Subianto pun mengungkapkan alasan mengapa diperlukan adanya retreat dan pembekalan Kabinet Merah Putih selama 3 hari sebelum mulai bekerja di Akmil Magelang.
Presiden RI Prabowo Subianto pun mengungkapkan alasan mengapa diperlukan adanya retreat dan pembekalan Kabinet Merah Putih selama 3 hari sebelum mulai bekerja di Akmil Magelang. (Tangkapan Layar)

Liputan6.com, Jakarta - Jajaran anggota Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka telah selesai mengikuti Akademi Militer atau Akmil di Magelang, Jawa Tengah.

Akmil di Magelang itu dilaksanakan selama 3 hari mulai Jumat 25 Oktober sampai hari ini, Minggu (27/10/2024).

Presiden RI Prabowo Subianto pun mengungkapkan alasan mengapa diperlukan adanya pembekalan Kabinet Merah Putih selama 3 hari sebelum mulai bekerja di Akmil Magelang.

"Sebuah kabinet negara sebesar kita tidak mungkin berasal dari suatu kelompok. Tidak mungkin berasal dari suatu partai. Mungkin saja nanti di kemudian hari, tapi sekarang saya kira masih sulit," ujar Prabowo dalam program Prabowo Bicara yang tayang di SCTV, Minggu (27/10/2024).

"Dan saya berpendapat bahwa harus ada kerjasama yang baik di antara tokoh-tokoh elit, tokoh-tokoh politik. Dan tokoh-tokoh kemasyarakatan. Dengan demikian, dengan asal yang berbeda-beda, perlu proses saling mengenal," sambung dia.

Prabowo mengingatkan pentingnya bonding serta team building yang sangat dibutuhkan di setiap usaha.

"Karena kalau kita mau bentuk tim sempah bola, itu lama prosesnya, team work. Sehingga orang kerjanya itu baik, saling mendukung, saling mengisi," ucap dia.

"Jadi ini usaha saya, saya juga meraba-raba, saya kan juga baru pertama kali jadi Presiden, kan? Jadi semua merasa, saya kira, saya melihat cerah, saya lihat everybody is happy, gembira. Jadi suasana lain. Dan ini tempatnya juga bersih jauh dari mana-mana," sambung Prabowo.

Sementara itu, Prabowo pun rupanya memiliki alasan tersendiri memboyong para menteri di Kabinet Merah Putih berangkat ke Akmil Magelang menggunakan pesawat Hercules.

"Saya kira para Menteri, Wakil Menteri sebagai Kerajaan Negara harus mengenal. Mengenal semua institusi yang ada di pemerintahan, kalau bisa. Termasuk di antaranya institusi-institusi pertahanan," kata dia.

"Jadi kita tahu bahwa alat-alat pertahanan itu sangat efektif, berguna, bermanfaat. Hercules sebagai contoh bisa angkut pasukan, bisa angkut barang, bisa memberi bantuan cepat kalau ada rencana, bisa evakuasi korban. Jadi sangat-sangat bermanfaat," sambung Prabowo.

 

Alasan Pilih Lokasi di Akmil Magelang

Presiden Prabowo Subianto dalam acara Prabowo Bicara yang tayang di SCTV, Minggu (27/10/2024).
Presiden Prabowo Subianto dalam acara Prabowo Bicara yang tayang di SCTV, Minggu (27/10/2024). (tangkapan layar)

Selain itu, saat ditanyak mengenai pemilihan lokasi di Akmil Magelang, Prabowo menilai tempat tersebut penuh makna dengan sejarah.

"Ini daerah penuh sejarah, jadi daerah ini ratusan tahun terus menjadi ajang perlawanan terhadap penjajah. Sultan Agung Diponegoro lewat sini, di sini tempatnya dia bergerilya," terang dia.

"Dan ini Bukit Tidar ini ada suatu kepercayaan bagi pertama orang Jawa, bahwa Bukit Tidar ini pakunya Pulau Jawa. Jadi ini ada mitos disini. Ya tradisi lah semua, banyak yang tradisi kita, kita harus menempatilah sebelum naik ke atas Bukit Tidar waktu muda itu," sambung Prabowo.

Sebelumnya, Presiden RI Prabowo Subianto memberikan vitamin kepada jajaran Kabinet Merah Putih selama pelaksanaan retreat di Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah pada 24-27 Oktober 2024. Prabowo ingin semua anggota kabinet dalam kondisi sehat selama retreat.

"Aman semua, karena Presiden itu bahkan memberikan kita doping vitamin. Semua dikasih vitamin terbaik. Menteri semua harus sehat," kata Wakil Menteri Dalam Negeri Bima Arya kepada wartawan usai mengikuti retreat di Akmil Magelang Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024).

 

Prabowo Beri Vitamin Terbaik ke Anggota Kabinet Selama Retreat di Akmil Magelang

Presiden Prabowo Subianto bersama para menteri mengikuti retret di Akmil Magelang Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024)
Presiden Prabowo Subianto bersama para menteri mengikuti retret di Akmil Magelang Jawa Tengah, Minggu (27/10/2024). (Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Menteri Sekretaris Negara Prasetyo Hadi menyampaikan bahwa jajaran kabinet harus bangun pukul 04.30 WIB selama retreat berlangsung. Namun, kata dia, tidak ada anggota kabinet yang sakit di tengah kepadatan agenda retreat.

"Alhamdulillah tidak ada (yang sakit), sehat semua. Padahal kita bangun jam 04.30, tidurnya larut malam, tapi sehat," ujarnya.

Menurut dia, Prabowo dan jajaran kabinet dibangunkan oleh sirine pukul 4.30 WIB. Bahkan, Prabowo selalu datang lebih awal di lokasi acara dibandingkan para anggota kabinet.

"Sama semua. Jadi sirine bunyi jam 4.30 dan jam 5 pagi. Beliau pun bangun. Beliau selalu yang pertama juga tadi. Itulah, leadership seperti itu. Harus memberi contoh," tutut Prasetyo.

Politisi Partai Gerindra itu belum mengetahui apakah ada retreat Kabinet Merah Putih jilid 2. Prasetyo menyebut, jajaran kabinet akan bekerja keras merealisasikan program pemerintahan.

"Nanti pada waktunya kalau kita memerlukan untuk berkumpul kembali, mengevaluasi, nanti kami akan sampaikan ke teman-teman," ucap Prasetyo.

 

Retreat Kabinet Prabowo di Akmil Berakhir

Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah resmi berakhir, Minggu (27/10/2024).
Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah resmi berakhir, Minggu (27/10/2024). (Foto: Liputan6.com/Lizsa Egeham).

Sebelumnya, Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer (Akmil) Magelang Jawa Tengah resmi berakhir, Minggu (27/10/2024). Anggota kabinet pun meninggalkan Akmil Magelang untuk kembali ke Jakarta.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, para menteri, kepala badan, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden keluar gerbang Akmil Magelang pukul 10.04 WIB. Sementara itu, wakil menteri keluar Akmil Magelang pukul 10.46 WIB.

Mereka kompak mengenakan setelan bewarna biru dongker. Sejumlah warga yang menunggu di luar gerbang pun antusias menyambut dan melepas kepulangan para anggota kabinet.

Para anggota kabinet menaiki bus menuju Lanud Adi Sujipto, Yogyakarta. Setelah itu, mereka menggunakan pesawat untuk kembali ke Jakarta.

Berdasarkan informasi dihimpun, para menteri, utusan khusus, penasihat khusus, dan staf khusus presiden akan kembali ke Jakarta dengan menggunakan pesawat TNI AU dari Lanud Adi Sujipto Yogyakarta. Sementara itu, wakil menteri akan menggunakan pesawat Hercules milik TNI AU.

Seperti diketahui, retreat Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang berlangsung pada 25-27 Oktober 2024. Para anggota kabinet berada di Akmil Magelang sejak 24 Oktober 2024.

Adapun agenda yang dilakukan yakni, olahraga pagi, latihan baris-berbaris dengan menggunakan seragam Komponen Cadangan (Komcad). Presiden RI Prabowo membuka retreat dan memberikan sejumlah pengarahan kepada anggota kabinet.

Infografis Serba-Serbi Jajaran Kabinet Merah Putih Digembleng di Lembah Tidar. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Serba-Serbi Jajaran Kabinet Merah Putih Digembleng di Lembah Tidar. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya