Kebakaran Lahan di Riau, Menhut: Kami Kecolongan

"Karen ada masalah kepemimpinan, soal gubernur dan seterusnya. Kita ada masalah di situ sedikit," kata Zulkifli Hasan.

oleh Silvanus Alvin diperbarui 27 Jun 2013, 12:38 WIB
Diterbitkan 27 Jun 2013, 12:38 WIB
zulkifli130117d.jpg
Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan mengaku kecolongan dengan terjadinya kebakaran lahan di wilayah Provinsi Riau. Kebakaran lahan di Riau telah menimbulkan asap tebal yang menyebar hingga ke Singapura dan Malaysia.

"Saya terus terang, di Riau itu kami memang ada kecolongan," kata Zulkifli Hasan saat menghadiri Tropical Forest Alliance 2020 di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (27/6/2013).

"Karena ada masalah kepemimpinan, soal gubernur dan seterusnya. Kita ada masalah di situ sedikit," tambah menteri asal Partai Amanat nasional (PAN) itu.

Memang, saat ini Gubernur Riau Rusli Zaenal tengah meringkuk di dalam tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena tersandung sejumlah kasus. Saat ini tugas-tugas gubernur asal Partai Golkar itu dijalankan oleh wakilnya.

Zulkifli menambahkan, sebenarnya sudah ada pembagian kewenangan antara pemerintah daerah dan pusat terhadap hutan. Pemerintah daerah bertanggung jawab pada perkebunan sementara pemerintah pusat pada wilayah cagar alam.

"Kalau perkebunan itu tugasnya di daerah, kalau cagar alam itu kami (Kemenhut)," ujar Zulkifli.

Sebelumnya, BNPB menyatakan lahan di Riau yang terbakar mencapai 3.000 hektare. Dari 253 titik api, saat ini sudah bisa dikurangi menjadi 53. (Eks/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya