[VIDEO] Gunung Guntur Waspada, Warga Garut Harap Siaga

Para petugas terlihat bergantian mengamati pergerakan seismograf dan mencatatnya.

oleh Liputan6 diperbarui 02 Sep 2013, 13:05 WIB
Diterbitkan 02 Sep 2013, 13:05 WIB
gunung-guntur-130902b.jpg

Dipicu terjadinya peningkatan aktivitas kegempaan secara terus menerus, Gunung Api Guntur di Garut, Jawa Barat berubah status dari normal menjadi waspada. Terkait perubahan status tersebut, warga pun diimbau untuk tidak mendekati areal kawah sejauh radius 2 kilometer.

Dalam tayangan Liputan 6 Siang SCTV, Senin (2/9/2013), petugas vulkanologi dan mitigasi bencana geologi di pos pengamatan Gunung Guntur terus memantau. Tercatat 10 kali aktivitas kegempaan di Gunung Guntur yang terekam dalam pergerakan seismograf.

Perkembangan terkini dari gunung yang berada pada ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut tersebut, para petugas terlihat bergantian mengamati pergerakan seismograf dan mencatatnya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Kabupaten Garut Dikdik Hendrajaya menyatakan, perubahan status Gunung Guntur dari normal ke waspada ditetapkan sejak terjadinya aktivitas kegempaan berturut-turut mulai Jumat 30 Agustus petang hingga Senin pagi tadi. (Riz/Ism)

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya