Rekanan Kemenpora: Proyek Hambalang Maksimal Rp 1,7 Triliun

Anggaran Rp 2,5 triliun untuk proyek Hambalang dinilai terlalu mahal.

oleh Sugeng Triono diperbarui 12 Nov 2013, 12:07 WIB
Diterbitkan 12 Nov 2013, 12:07 WIB
hambalang121213a.jpg
Anggaran Rp 2,5 triliun untuk proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang terlalu mahal. Untuk mewujudkan proyek itu, sebenarnya hanya dibutuhkan anggaran Rp 1,7 triliun.

Demikian kesaksian Direktur Teknik dan Operasi PT Biro Insinyur Exakta Sonny Anjangsono dalam persidangan untuk terdakwa kasus proyek Hambalang, Deddy Kusdinar. Dedy merupakan mantan Kepala Biro Keuangan dan Rumah Tangga Kemenpora.

"Dengan gambar yang saya peroleh, maksimum Rp 1,7 triliun," kata Sonny di gedung pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jakarta Selatan, Selasa (12/11/2013).

PT Biro Insinyur Exakta (BIE) merupakan rekanan Kementerian Pemuda dan Olah Raga. PT BIE yang melakukan perhitungan berdasarkan master plan 2006 kemudian mundur karena telah mencium "aroma korupsi" dalam proyek itu.

Sonny menjelaskan data yang diterimanya dari Sesmenpora Wafid Muharram tentang anggaran Hambalang juga tidak rasional.

"Hasil akhirnya saya nyatakan Rp 2,5 triliun tidak mungkin untuk membangun fasilitas di tanah Hambalang. Ada alasan teknis harga satuan Bogor, saya berikan hitungannya," ujar Sonny. (Eks/Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya